Besok Gratis Masuk Objek Wisata, Bukittinggi Diprediksi Banjir Wisatawan

"Saat ini terdapat 4 objek wisata berbayar di Bukittinggi, yakni TMSBK, Taman Panorama Lubang Jepang, Museum Rumah Baanjuang dan Akuarium."
TMSBK atau Kebun Binatang Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF — Pemerintah Kota Bukittinggi akan menggratiskan biaya masuk ke semua objek wisata sehari besok, 11 Maret 2017 dalam rangka memperingati pencanangan Bukittinggi menjadi Kota Wisata pada 11 Maret 1984 silam.

Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparpora Bukittinggi Suzi Yanti menilai kebijakan ini akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Selain faktor biaya masuk yang digratiskan, menurut dia, peningkatan drastis kunjungan wisatawan juga dipengaruhi oleh faktor momentum yang tepat di mana besok merupakan libur akhir pekan.

"Kita prediksi besok wisatawan akan membanjiri Bukittinggi," sebutnya Jum’at 10 Maret 2017.

Ia melanjutkan, 11 Maret besok juga menjadi momentum promosi bagi Pemko Bukittinggi karena para wisatawan akan berkesempatan mengunjungi berbagai objek wisata yang selama ini memberlakukan tiket masuk.

"Wisatawan bisa melihat objek wisata yang sudah banyak kita benahi. Contohnya, sekarang akan ada Wifi gratis. Kemudian, kita juga banyak menambah fasilitas seperti toilet dan musholla," ungkapnya optimistis.

Pengunjung TMSBK Diprediksi Tembus Angka 10.000

Sementara itu, Kabid Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Ikbal mengatakan, ia tak bisa memprediksi berapa banyaknya wisatawan yang akan masuk karena tak ada karcis. Namun ia optimis jumlah wisatawan bisa menembus angka sepuluh ribuan.

"Saya kira bisa 10 ribu orang," ucapanya.

Saat ini terdapat 4 objek wisata berbayar di Bukittinggi, yakni TMSBK, Taman Panorama Lubang Jepang, Museum Rumah Baanjuang dan Akuarium.

[Hatta Rizal]