Danau Tuo Koto Sani, Danau yang 'Terlupakan'

"Secara kasat mata, Danau Tuo luasnya tidak lebih dari 4 kali lapangan sepak bola"
Wabup Solok Yulfadri Nurdin saat menyisir tepian Danau Tuo (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Berbicara soal wisata di Kabupaten Solok, memang tidak ada habisnya, mulai dari wisata budaya, kuliner hingga wisata alam. Selama ini, Kabupaten Solok lebih dikenal dengan 4 buah danaunya, yakni Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah serta Danau Talang.

Namun, sebetulnya ada satu danau lagi yang kerap 'terlupakan'. Danau Tuo, begitulah masyarakat jorong Ujung Ladang Nagari Kotosani, kecamatan X Koto Singkarak, kabupaten Solok. Danau paling kecil di Kabupaten Solok ini terletak di bagian utara Bumi Markisah.

Secara kasat mata, Danau Tuo luasnya tidak lebih dari 4 kali lapangan sepak bola. Dibanding Danau Singkarak, Danau Tuo tidak beriak, Airnya tenang. Setenang masyarakat Koto Sani yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.

Menurut warga setempat, tidak diketahui pasti sejak kapan Danau tersebut ada. Dan terbentuk secara alami bukan danau buatan seperti bendungan atau embung. Di sekitar Danau, area persawahan warga melengkapi nuansa alami kabupaten agraris yang nyaris berusia 104 tahun tersebut.

Letaknya yang agak jauh, membuat Danau Tuo kerap dilupakan. Boleh dibilang belum ada sentuhan tangan pemerintah kabupaten Solok mengelola potensi Danau Tuo yang kerap hilang dalam hitungan objek wisata kabupaten Solok.

Belakangan, setelah ratusan tahun, Danau Tuo akhirnya mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Solok. Bahkan di beberapa kesempatan, Bupati Solok menyebutkan keberadaan Danau Tuo, terlebih saat membuka festival 4 Danau menyambut hari jadi Kabupaten Solok.

"Sebetulnya kurang pas Nama Festival 4 Danau yang kita angkat, sebab kita memiliki 5 Danau di Kabupaten Solok," ungkap Gusmal saat membuka Festival 4 Danau di kawasan Dermaga Danau Singkarak.

Selama ini yang familiar di telinga masyarakat hanya Danau Singkarak, Danau Kembar (Danau diatas dan danau dibawah) serta Danau Talang.

Beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Solok juga tak ketinggalan ... Baca halaman selanjutnya