Menelisik Keindahan Nagari Tua Minangkabau Sebagai Desa Terindah di Dunia

"Di nagari berhawa sejuk itu terdapat banyak pemandangan indah. Bahkan, begitu memasuki gerbang Nagari Pariangan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah di sisi kiri dan kanan dengan bulir padi boneh (gemuk) yang mulai menguning."
Nagari Pariangan (Istimewa)

NAGARI Pariangan di Kabupaten Tanah datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kini menjadi buah bibir bagi kalangan traveler. Hal ini menyusul nagari (desa) yang berada di lereng Gunung Merapi itu, dinobatkan sebagai satu dari lima desa terindah di dunia versi Budget Travel, sebuah majalah pariwisata internasional.

Namun sayangnya, majalah yang berbasis di Amerika Serikat itu tidak menuliskan secara rinci kenapa Nagari Pariangan dipilih sebagai desa terindah di dunia bersamaan dengan empat desa terindah lainnya, seperti Desa Wengen di Swiss, Desa Eze di Prancis, Desa Niagara on The Lake yang berada di tepi Danau Ontario Kanada, dan desa tertua di Republik Ceko, yaitu Desa Cesky Krumlov.

Nah, penasaran kan kenapa Nagari Pariangan dinobatkan sebagai satu dari lima desa terindah di dunia? Tunggu apalagi. Datang langsung ke Nagari Pariangan. Lokasinya, berjarak sekitar 100 Km dari pusat Pemerintahan Provinsi Sumbar di Kota Padang, atau sekitar satu jam perjalanan dari Bukittinggi.

Di nagari berhawa sejuk itu terdapat banyak pemandangan indah. Bahkan, begitu memasuki gerbang Nagari Pariangan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah di sisi kiri dan kanan dengan bulir padi boneh (gemuk) yang mulai menguning.

Dari kejahuhan, hamparan sawah itu tersusun seperti "anak tangga". Tentunya, keindahan pemandangan hamparan sawah tersebut, membuat suasana perjalanan Anda ke desa terindah di dunia serasa menyenangkan.

Begitu memasuki perkampungan Nagari Pariangan, Anda akan melihat pemukiman penduduk yang bangunannya sangat khas dengan budaya Minangkabau berupa Rumah Gadang (Rumah Besar) yang menjadi rumah adat suku Minangkabau. Menurut sejarah yang ada dalam tambo Minang, Nagari Pariangan adalah asal muasal suku Minangkabau.

Di Nagari Pariangan itu, terdapat sejumlah destinasi yang sanyang jika tidak disinggahi. Di antaranya Masjid Islah yang dibangun oleh komando Syekh Burhanuddin pada awal abad 19 ... Baca halaman selanjutnya