Festival Langkisau 2017 Digelar di Pessel, Pedagang Raup Untung

"Biasa sehari itu hanya dapat Rp20 ribu, dua hari sejak ada Festival Langkisau 2017 ini pakaian yang saya jual bisa laku hingga mendapat untung mencapai Rp2,3 juta"
Suasana jual beli di areal Festival Langkisau 2017. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Iven Festival Langkisau 2017 yang digelar di kawasan Carocok, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar membuat pendapatan para pedagang yang ada di sekitar lokasi acara meningkat drastis.

Pantauan KLIKPOSITIF, Minggu 16 April 2017 siang, sejumlah lapak-lapak di kawasan Carocok Painan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung. Tidak hanya itu, sejumlah kendaraan pengunjung, mulai dari bus, mobil pribadi sampai roda dua mengisi area parkir di sekitar Carocok Painan.

"Biasa sehari itu hanya dapat Rp20 ribu, dua hari sejak ada Festival Langkisau 2017 ini pakaian yang saya jual bisa laku hingga mendapat untung mencapai Rp2,3 juta," ujar Martias (36), seorang pedagang di Carocok Painan kepada KLIKPOSITIF, Minggu 16 April 2017.

Hendrianto (35), pedagang aksesoris laut merasakan hal yang sama. Bahkan, dia mengaku setiap pelaksanaan even tahunan daerah ini, digelar dagangan yang belum pernah ditawar pembeli menjadi laku terjual.

"Iven-iven seperti ini memang selalu kami nanti, di Carocok. Sebab, kunjungan sampai tiga hari selama kegiatan ini digelar tidak henti-henti," jelasnya.

Dari kehadiran pengunjung yang hanya selalu meningkat saat ada iven besar di daerah itu, para pedagang berharap kunjungan musiman itu bisa terbawa di hari-hari biasanya. Sebab, tanpa peningkatan pengunjung, transaksi jual beli disana tidak berjalan.

[Kiki Julnasri Priatama]