Nasib Jembatan Selfie Ngarai Maaram Bukittinggi Semakin Menyedihkan

"Jembatan ini banyak yang bolong dan ancam keselamatan pengunjung"
Kondisi jembatan yang banyak rusak di Ngarai Maaram Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Jembatan di kawasan Ngarai Maaram Bukittinggi-Sumbar, atau yang lebih banyak disebut sebagai Jembatan Selfie kian hari kondisinya makin menyedihkan.

Pantauan KLIKPOSITIF, Jembatan yang sempat hits di kalangan anak muda Bukittinggi itu, makin ditinggalkan wisatawan akibat parahnya kerusakan yang terjadi di jembatan yang berdiri sejak 2014 tersebut. Kerusakannya berupa lepasnya papan yang menjadi alas pijakan dari jembatan berkerangka besi itu.
“Sebelumnya hanya beberapa buah saja yang copot, sekarang sudah belasan, sedangkan yang lainnya sudah lapuk semua,’ ’ucap salah seorang warga setempat, Rahmat, Senin 24 April 2017.

Rahmat melanjutkan, jika dibiarkan, kerusakan akan bertambah parah sehingga ditakutkan akan membahayakan bagi pengunjung. Menurut Rahmat, salah satu penyebab kerusakan dari jembatan itu adalah faktor cuaca.

“Papan landasan itu kan tiap harinya terpapar langsung oleh hujan dan panas karena tak ada atapnya, jadi wajar saja cepat lapuk," ulasnya.

Awalnya, memang ada semacam kerangka di bagian atas jembatan tersebut. Namun tak diberi atap sehingga hal inilah yang dianggap sebagai salah satu faktor penyebab rusaknya jembatannya yang terletak di bibir Ngarai itu.

“Sekarang kerangka atasnya pun sudah copot dan jatuh,’’ terangnya.

Rahmat mengharapkan agar Pemerintah Bukittinggi segera turun tangan mengatasi permasalahan ini, sebab setiap harinya kawasan Ngarai Maaram yang terletak dekat dengan Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) cukup ramai dikunjungi, terutama kalangan keluarga.

“Kami sudah banyak membenahi kawasan ini, seperti membersihkan maupun melakukan pengecetan, tapi untuk membenahi Jembatan, jelas kami tak sanggup," katanya lagi.

Semakin rusaknya Jembatan Selfie, juga disorot serius oleh salah seorang pengunjung, Sri Rahayu. Ia amat menyayangkan kondisi papan landasan di Jembatan ... Baca halaman selanjutnya