Masih Ada Pungli saat Pengurusan Izin Usaha di Padang

"dalam pengurusan izin usaha di Kota Padang masih ada permainan oknum yang hanya menguntungkan dirinya sendiri"
ilustrasi pungli (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hasil Komisi Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Sumatera Barat menyatakan bahwa masih ada pungutan liar dalam pengurusan izin usaha yang dilakukan oleh pengusaha di Kota Padang.

"Hingga saat ini masih ada pungutan dalam pengurusan izin usaha di Kota Padang ini," ujar Ketua Apindo Sumatera Barat, Muzakir Azis dalam seminar KPPOD, Selasa 25 April 2017 di Hotel Pangeran Beach Padang.

Dia mengatakan, dalam pengurusan izin usaha di Kota Padang masih ada permainan oknum yang hanya menguntungkan dirinya sendiri. "Padang sebenarnya sudah mulai membaik, tapi adanya oknum yang nakal ini membuat pengusaha susah dalam pengurusan izin," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua ASITA Sumatera Barat, Ian Hanafiah. Dia mengatakan bahwa pengurusan izin yang gratis memang ada, tapi lama dalam pengurusannya. "Pengurusan izin gratis memang ada, tapi pengurusannya sangat lama," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa Painan merupakan ancaman bagi pariwisata Kota Padang, karena menurutmya hingga saat ini turis yang datang lebih memilih untuk pergi ke daerah Pesisir Selatan tersebut. "Dari hasil survei yang dilakukan, pengunjung tidak berbelanja di Kota Padang tapi memilih Painan," lanjutnya.

Untuk mengatasi hal tersebut menurutnya, Kota Padang harus lebih fokus kepada Usaha Kecil Menengah (UKM). "Kalau Kota Padang ingin tetap pada posisi ke 17 seperti saat ini, harusnya lebih fokus kepada UMKM yang saat ini sudah mulai banyak," sambungnya.

Dengan begitu, Kota Padang akan lebih siap dalam pengembangan pariwisata seperti program yang dibuat oleh Pemerintah Pemerintah Provinsi.

[Halbert Caniago]