Selama Lebaran, Jumlah Wisatawan yang Berkunjung ke Pessel Meningkat 20 Persen

"Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut terhitung dari sejak H+1 sampai H+8"
Salah Satu Pantai yang Ramai Dikunjungi Warga Selama Musim Libur Lebaran di Pesisir Selatan (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mencatat jumlah kujungan wisatawan selama musim libur lebaran 2017 ke daerah itu meningkat dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Zefinhan menyebutkan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut terhitung dari sejak H+1 sampai H+8.

"Sampai hari ke 8 pasca lebaran total kujungan wisatawan ke daerah kita tahun ini mencapai 260.800 orang. Dan jumlah ini meningkat sekitar 20 persen dari tahun lalu," katanya pada KLIKPOSITIF, Rabu 5 Juli 2017.

Menurutnya wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Selatan merupakan wisatawan lokal Sumbar dan luar Provinsi.

"Pengunjung yang kebanyakan terpantau dari Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara, termasuk juga dari Jakarta. Ini terbukti dari upaya promosi yang kita lakukan selama ini," jelasnya.

Berikut catatan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan terkait jumlah wisatwan :

1. Kawasan Carocok Painan, terhitung dari jumlah karcis yang terjual (masuk kawasan dan menyeberang) mencapai 85.800 orang. Ditambah, jumlah pengunjung yang tidak pakai karcis, seperti puncak Langkisau, kawasan Carocok Painan, Timbulun Painan dan pantai sekitarnya secara estimasi mencapai 75.000 orang.

2. Kawasan mandeh estimasi 50.000 orang, jumlah ini dihitung dari perjalanan kapal wisata dengan 300 unit kapal setiap hari X 15, dan ditambah pengunjung yang tidak menyeberang, seperti di Batu Kalang, Puncak Mandeh, serta Sungai Gemuruh yang masuk dalam kawasan wisata Mandeh.

3. Destinasi wisata lokal lainnya, seperti Pasir Putih Kambang, Sumedang, Pantai Sambungo, dan Rumah Gadang Mande Rubiah diperkirakan mencapai 50.000 orang.

[Kiki Julnasri Priatama]