Pemkab Pessel Raup Rp446 Juta dari Kunjungan Wisata Selama Lebaran

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSOTIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meraup pemasukan sebesar Rp446 juta dari kunjungan wisata selama musim liburan lebaran 2017 .

Kepala Badan Pendapatan Daerah Pesisir Selatan Desrianto mengatakan jumlah pendapatan tersebut dihitung dari penjualan karcis masuk objek wisata di Pantai Carocok Painan dan Mandeh.

baca juga: Kisah Perantau Minang Tak Bisa Pulang dari Malaysia

"Carocok Painan tiket yang laku terjual mencapai 85.700 lembar, dan ditambah dari kawasan Mandeh sejumlah 7.600 lembar," katanya pada KLIKPOSITIF .

Menurutnya jumlah pendapatan tersebut berasal dari wisatawan lokal Sumbar dan luar Provinsi, "Jumlah tersebut masuk dalam PAD tahun ini," ujar Desrianto.

baca juga: Cara Baru Menikmati Wisata dari Rumah, Ditengah Pendemi COVID-19

Selain Pantai Carocok dan Mandeh, ia mengupayakan objek wisata lain bisa menyumbang PAD. Objek wisata lain itu yakni Pasir Putih Kambang, Pantai Sumedang, Pantai Air Haji dan Pantai Batu Kalang.

"Hal itu sudah diatur dalam Perda dan juga telah disepakati antara pengelola, Kepolisian, Nagari, Kecamatan, dan instansi terkait. Namun, berapa besaran rupiah yang akan didapat oleh daerah, kita masih menunggu laporan dari pengelola," terangnya.

baca juga: Kemenparekraf Perkirakan Produk Ekowisata Akan Sangat Diminati Pascapandemi

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa