Ini Tips Aman Berkendara yang Wajib Anda Ketahui

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Apakah Anda selalu berangkat ke tempat tujuan Anda dengan menggunakan kendaraan ? Nah, biasanya setiap pagi orang kebanyakan selalu terburu-buru dalam membawa kendaraannya. Jika banyak pengemudi yang bergegas membawa kendaraanya, tentunya itu akan berbahaya juga jika Anda tidak waspada .

Nah, berikut ini ada tips yang bisa Anda ikuti agar aman saat berkendara dan selamat sampai tujuan:

1. Periksa Kendaraan Anda
Yang pertama yaitu dengan memeriksa mesin kendaraan anda, dan juga perlengkapan yang harus anda bawa, seperti cek Keadaan mesin, kemudian cek perlengkapan motor seperti spion, Helm, bensin dan juga perlengkapan keamanan lainnya. Oia, jangan lupa juga untuk menyediakan kelengkapan surat kendaraan Anda, agar tidak ditilang polisi.

Baca Juga

2. Jaga Jarak Aman
Menjaga jarak aman adalah cara yang mudah menghindari tabrakan. Salah satu cara mudah untuk mengukur jarak aman adalah dengan peraturan 3 detik. Peraturan ini sangat efektif diterapkan ketika berkendara dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Caranya, hitung waktu kendaraan di depan Anda melintas sebuah benda. Jarak waktu hingga Anda bisa mencapai benda tersebut harus tiga detik setelah kendaraan di depan Anda melintas. Anda bisa menggunakan pohon atau tiang listrik sebagai patokan.

3. Awas dengan Kondisi Sekitar
Pengemudi haruslah mengarahkan pandangan jauh ke depan untuk memperkirakan kecepatan serta jarak aman. Pandangan ini juga berguna untuk memetakan kondisi jalan yang dilalui sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan seperti jalan berlubang atau rintangan lain. Hindari untuk berasumsi akan gerakan kendaraan lain. Anda lah yang wajib memastikan bahwa jalur yang akan Anda lewati benar-benar aman sebelum dilalui.

4.Fokus Saat Berkendara
Saat mengemudikan kendaraan , Anda harus memfokuskan pikiran sepenuhnya ke jalanan. Jika Anda tidak fokus, bahkan saat Anda bermenung selama beberapa detik saja, Anda bisa saja tiba-tiba dikagetkan dengan lubang di jalan atau pengemudi lain dari arah berlawanan datang dengan kecepatan tak terkendali. Selain itu, jangan menengok ke arah selain jalan sambil menyetir.

Menurut berbagai data, banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi kurang ‘awas’ saat mengemudi di jalan.

5. Waspada Saat Melintas di dekat Mobil
Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tsb berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas di dekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobilnyasehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.

Selain itu, Anda harus waspada saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada didepan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil itu berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

6. Gunakan Jalur Kanan Untuk Mendahului
Sudah jadi ketentuan jalan raya yang sudah di tentukan dalam Undang-undang Transportasi untuk menggunakan jalur kanan untuk mendahului mobil dan motor. Hal seperti ini memiliki maksud untuk mengindari yang namanya kecelakaan dan kemancetan.

7. Janganlah Menggunakan Hp
Janganlah menggunakan Hp saat berkendara karna bisa menggangu Konsentrasi anda saat dijalan raya. Berhenti sejenak di persimpangan jalan untuk hindari kemancetan dan kecelakaan jika ingin menggunakan handphone.

Baca Juga

Penulis: Khadijah