Begini Cara Petani Jaga Keelokan Sawah Kayu Kubu Bukittinggi

"Untuk menjaga keindahan maupun keserasian, petani Kayu Kubu punya cara tersendiri. "
Sawah Kayu Kubu (Hatta Rizal/KLIKPOSITIF)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Sawah Kayu Kubu merupakan salah satu wisata yang paling hits di Bukittinggi.  Hamparan areal persawahan seluas 3,09 hektar yang berlokasi di Ngarai Sianok, tepatnya di Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang,  sangat digandrungillll menjadi lokasi swafoto bagi para pengunjung. 

Untuk menjaga keindahan maupun keserasian, petani Kayu Kubu punya cara tersendiri. 

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kayu Kubu Eril Anwar menyebut, petani menjaganya dengan cara melakukan tanam serentak. 

BACA JUGA: Lionel Messi dari Iran Pensiun di Usia Muda

BACA JUGA: Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

"Semuanya menanam atau panen dengan cara serentak, tak ada yang di sini panen, di sawah lainnya sedang ditanam,"sebut Eril, Minggu 24 Juni 2018.

Eril mengatakan, sistem tanam serentak ini sudah dijalankan sejak tahun 2008 dan terus berlangsung hingga kini. 

"Ke depan, tentu akan kita pertahankan agar tetap menarik. Malahan, akan kita kembangkan lebih jauh seperti membangun pondok-pondok kecil di persawahan itu,"ungkapnya. 

Sejak awal 2017, hamparan persawahan ini mendadak popoler seiring perkembangan media sosial. Di tengah areal persawahan, dibangun pula jalan bercor semen sepanjang 200 meter dengan lebar 1,85 meter yang meliuk-liuk membelah areal sawah tempat wisatawan berselfie.  

Dengan menjaga sistem tanam serentak, tentunya keindahan sawah ini terlihat lebih ... Baca halaman selanjutnya