Ayo Berwisata ke Agam, Ini Belasan Air Terjun yang Patut Dikunjungi

"Daerah Malalak menjadi wilayah dengan jumlah air terjun terbanyak di Agam yakni 6 air terjun. Beberapa yang terbaik ada di sini, yakni air terjun Batang Pipia, Langkuik Tinggi, Burai-Burai"
Salah satu air terjun di Agam (KLIKPOSITIF/ Hatta Rizal)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Agam merupakan sebuah kawasan wisata dengan destinasi terlengkap, semua tipe destinasi mulai dari laut, gunung, sungai, danau, air terjun semuanya ada di sini.

Bagi para penyuka traveling atau berwisata, Agam murupakan salah satu destinasi yang jangan sampai anda lewatkan. Dari berbagai macam obejek wisata yang ada dengan keindahan alamnya, yang cukup menonjol, daerah ini merupakan rumah dari belasan air terjun memukau.

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Pariwisata dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Rinaldi menyebut, ada sebanyak 15 air terjun yang terdata dan menjadi tujuan wisata di Agam.

Ia menyebut, rata-rata air terjun ini berada di daerah yang alamnya masih asri.

Daerah Malalak menjadi wilayah dengan jumlah air terjun terbanyak di Agam yakni 6 air terjun. Beberapa yang terbaik ada di sini, yakni air terjun Batang Pipia, Langkuik Tinggi, Burai-Burai.

"Lalu di Kecamatan Tanjung Raya ada 4, Kecamatan Ampek Nagari 2, Palupuah 2 dan Sungai Pua 1," ujarnya, Sabtu 28 Juli 2018.

Di Kecamatan Tanjung Raya, salah satu yang terkenal yakni Air Terjun Gadih Ranti, sementara di Ampek Nagari yakni Sarasah Sitalang. di Palupuah, air terjun terkenalnya adalah Sarasah Tigo Tingkek Sungai Guntuang dan di Sungai Pua yakni Badorai.

Dalam catatan KLIKPOSITIF, sebenarnya masih ada lagi beberapa air terjun yang potensi menjadi daerah tujuan wisata khusus seperti di Kecamatan Palembayan dengan Sarasah Marabuak, Kecamatan Canduang dengan air terjun Batu Sampik serta sebuah air terjun di Kecamatan Baso yakni Sarasah Sungai Sariak.

Hanya saja, air terjun yang disebutkan terakhir itu, kurang promosi sehingga tak banyak dikunjungi wisatawan. [Hatta Rizal]