5 Destinasi Terbaik di Agam Timur yang Pantas Dikunjungi

"Air terjun ini berada di Jorong Sungai Sariak, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso dan merupakan air terjun paling mudah dijangkau sebab lokasinya berjarak 10 menit perjalanan kaki dari pemukiman terdekat. "
Panorama ikua tanjuang (Hatta Rizal/KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Agam- Sumbar, punya banyak sekali daerah tujuan wisata yang memukau, terutama di wilayah Agam Bagian Timur.

KLIKPOSITIF memilih 5 diantaranya sebagai objek yang sangat pantas dikunjungi saat berlibur, dengan kriteria pemandangan memikat serta gampang ditempuh.

Berikut daftarnya:

1. Air Terjun Baso Sungai Sariak

Air terjun ini berada di Jorong Sungai Sariak, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso dan merupakan air terjun paling mudah dijangkau sebab lokasinya berjarak 10 menit perjalanan kaki dari pemukiman terdekat. Lokasinya sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh.

Air terjun ini cukup rendah, dengan ketinggian berkisar 15-20 meter dan punya pesona berupa tebing batu berwarna putih, sangat menggoda sehingga direkomendasikan untuk dikunjungi.

Diantara tebing itu, air mengalir lewat celah-celah batu sehingga membentuk semacam selokan sehingga curah airnya tak langsung menghunjam, cocok untuk mandi-mandi di bawahnya.

2. Panorama Taman Raya Balingka

Destinasi ini terletak di sebuah bukit di Jorong Subarang, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto. Dahulunya dekade 90-an, kawasan ini sempat populer namun kemudian "terkubur". Tahun 2016, objek ini kembali menggeliat dan menjadi salah daya tarik sebab pemandangan alamnya sangat indah.

Di sini, kita bisa melihat pemandangan lepas berupa lekukan tebing Ngarai Sianok yang berbalut padatnya Kota Bukittinggi. Pemandangan kita akan berakhir di hijaunya Bukit Barisan Kamang. Dari arah berlawanan, kita juga bisa melihat rimbunnya hutan gunung Singgalang. Jadi, objek ini punya dua sisi yang bisa pandang secara bebas dari arah utara dan selatan.

Cukup gampang mengunjungi objek ini, sebab lokasinya berada 2 kilometer dari Jalan Raya Bukittinggi-Maninjau dan bisa ditempuh dengan roda dua maupun empat, namun disarankan menggunakan roda dua sebab 500 meter jelang lokasi jalannya relatif menanjak ... Baca halaman selanjutnya