Jika ke Bukittinggi, Coba Nikmati 'Talua Barendo' yang Menggoda

"Untuk menjaga aroma, Talua Barendo baru dimasak setelah dipesan pengunjung"
Talua Barendo (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Talua Barendo adalah salah satu kuliner yang ada di Sumbar. Disebut 'Barendo', karena telur dadar yang dimasak tidaklah padat, tapi terkesan ringan dan berlapis-lapis seperti dipenuhi renda-renda.

Tidak banyak yang menjual Talua Barendo di Sumbar. Salah satu yang menjual Talua Barendo saat ini adalah Kedai Nasi Ni Ir di Jalan Soekarno Hatta Gantiang Bukittinggi.

Menurut Irdawati (55) selaku pemiliki kedai nasi Ni Ir, ia telah berjualan Talua Barendo semenjak tahun 93. Namun waktu itu nama Talua Barendo belum melekat kuat. Barulah pada tahun 2006 nama Talua Barendo menjadi makanan spesifik di tempat usahanya itu.

Saat ini, Irdawati menghabiskan sekitar 90 butir telur perhari untuk membuat Talua Barendo. Untuk satu porsi Talua Barendo dipatok Rp15 ribu. Jika ditambah nasi sayur, satu porsinya Rp22 ribu.

Namun jika makan di kedai nasi ini harap bersabar menunggu waktu lama, karena selain banyak yang memesan, Talua Barendo baru akan dimasak setelah ada yang memesan. Tapi ketika ada di depan mata, aroma Talua Barendo sangat menggoda.

"Kalau ada pesanan, baru dimasak. Ini untuk menjaga aromanya agar tetap harum, karena banyak yang komentar, rasanya kurang menggigit kalau sudah dingin," jelas Irdawati yang akrab disapa Ni Ir.

Tiap harinya tempat ini selalu dipadati pembeli dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai hingga turis asing. Tempat ini sendiri buka mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB dan tetap buka di hari libur.

Gimana, tertarik untuk mencobanya? Tidak susah mencari Kedai Nasi Ni Ir, karena terletak di antara Kampus STIKes Fort de Kock dengan swalayan Hoki Store. (*)