Perkenalkan, Objek Wisata Puncak Binu Hasil Swadaya Masyarakat di Agam

"Objek wisata ini berada di Jorong Binu, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek"
Puncak Binu (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Satu objek wisata baru kembali hadir di Kabupaten Agam, tepatnya di Jorong Binu, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek.

Objek ini berupa kawasan outbond di areal bebukitan dengan pesona batuan mirip karang berwarna putih. Di bawahnya, Sungai Batang Agam mengalir permai.

Belakangan, objek ini viral di media sosial. Kawasan wisata ini dinamakan Puncak Binu, yang dikelola secara swadaya oleh warga lokal sejak 13 bulan silam.

"Dahulunya hanya berupa semak belukar, lalu kita bersihkan dan tata sedemikian rupa dengan membangun tangga sehingga seperti ini. Sekarang pengerjaan sudah 75 persen," ujar Muler, warga lokal yang menjadi konseptor kawasan ini.

Selain batuan karang putih, pesona kawasan ini adalah berupa kolam renang, wahana sampan, flying fox, goa alam dan rumah pohon.

"Nanti akan kita bikin pula cafe mirip pesawat jatuh," ucap Muler, arsitek lokal dari ISI Padang Panjang itu, Minggu 5 Agustus 2018.

Ia berharap, saat dibuka untuk umum, bisa diterima dan menarik minat pengunjung untuk datang, kendati lokasinya cukup tersembunyi.

Pantauan KLIKPOSITIF, objek ini sangatlah asri sebab berada di dekat hutan lindung Bukit Barisan. Puncak Bukitnya tak terlalu tinggi, namun panoramanya sangat memikat dan layak untuk dikunjungi.

Jika ingin mengunjungi kawasan ini, bisa ditempuh dengan roda dua maupun empat. Silahkan terlebih dahulu menuju Tugu Perang Kamang di Pasar Magek, selanjutnya tanyakanlah ke warga dimana Jorong Binu agar tak keliru.

[Hatta Rizal]