Menikmati Potensi Alam Air Terjun Mumuai Sungai Bae di Sawahlunto

"Keberadaan Mumuai Sungai Bae telah lama diketahui masyarakat setempat, jauh sebelumnya biasa disebut dengan Lubuak Ampek"
Air terjun Mumuai Sungai Bae di Sawahlunto. (istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kota Sawahlunto banyak menyimpan keindahan alam yang belum terjamah. Seperti air terjun 'Mumuai Sungai Bae' yang terletak di Dusun Limau Kambiang, Desa Taratak Bancah, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto. Keberadaan Mumuai Sungai Bae telah lama diketahui masyarakat setempat, jauh sebelumnya biasa disebut dengan Lubuak Ampek.

Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor) ataupun kendaraan roda empat (mobil) dan berjarak 3 Kilometer dari Water Boom Muaro Kalaban, Sawahlunto atau jalan lintas Sumatera. Sebelum sampai ke lokasi, suasana diatas awan dengan hawa sejuk dapat dirasakan terutama dipagi hari.

Sesampai di lokasi Air Terjun Sungai Mumuai Bae, pemandangan indah nan asri dengan air terjun empat tingkat dengan tiap tingkat terdapat kolam pemandian. Air yang mengalir dingin dari batuan besar ataupun kolam bisa dinikmati wisatawan sesukanya. Penamaan tersebut berasal dari 29 pemuda dan pemudi Desa Taratak Bancah yang merintis secara swadaya keindahan alam yang ada di Desanya.

Mereka bersama-sama membersihkan semak belukar disekitar sungai dan air terjun agar indah dipandang mata dan ingin menjadikan destinasi wisata baru di Kota Sawahlunto. Dalam pengembangan wisata tersebut tanggung jawab berada pada seksi potensi dan pengembangan wilayah.

Sebelumnya telah berbagai cara dilakukan agar pemerintah dapat melirik desa berkabut sejuk tersebut, namun belum ada perhatian yang berarti. "Kami merintis wisata ini beberapa waktu lalu, karena kami rasa keindahan tempat ini harus dikenal masyarakat" sebut Ketua Seksi Potensi dan Pengembangan Wilayah, Armen.

Harapannya pemerintah dapat melirik potensi desanya dan dapat mendorong dalam promosi hingga pengembangan wisatanya. "Sekarang sudah kami jalankan dengan cara swadaya, harapannya Pemko mendukung kami dalam pengembangannya," sambungnya.

Sementara itu Ketua Pemuda Taratak Bancah, Jonnalis menambahkan ... Baca halaman selanjutnya