Suka Sama Makanan Berbahan Dasar Jagung? Coba ke Warung di Payakumbuh Ini

"Mulai risoles jagung, bakpao jagung, bakwan jagung hingga donat jagung ada di sini"
Penganan dari jagung di warung F1 Aina Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Bicara jajanan yang terbuat dari jagung, mungkin yang langsung terbesit dalam ingatan seseorang adalah perkedel jagung. Namun di Payakumbuh, tepatnya di Jalan Sudirman, Labuah Baru, jajanan yang terbuat dari jagung bukan hanya perkedel jagung.

Diantara jajanan dari jagung yang dijual di warung pinggir jalan dengan papan nama F1 Aina itu adalah risoles jagung, bakpao jagung, donat jagung, bakwan jagung. Tidak hanya itu, di situ juga tersedia juice jagung, kolak jagung, serta puding jagung.

Uniknya berbagai jajanan dari bahan dasar jagung yang dijual pada jalan yang menghubungkan Kota Payakumbuh dan Pekanbaru itu cukup menyita perhatian masyarakat. Berdiri hampir empat tahun terakhir, tidak sedikit pelanggan dari Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, ataupun orang-orang yang kebetulan melakukan perjalanan dari Pekanbaru menuju Payakumbuh atau sebaliknya yang memilih singgah untuk melepas penat sekalian menikmati berbagai jajanan dari jagung yag ditawarkan.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Untuk lopek jagung, risoles jagung dijual seharga Rp1.500, sedangkan donat jagung, roti jagung, dan bakpao jagung dijual seharga Rp3.500. Sedangkan untuk minuman, seperti juice jagung, kolak jagung, dan puding jagung seharga Rp7.000.

Selain jajanan tersebut, juga ada jagung rebus yang dijual seharga Rp2.500 yang menjadi jajanan utama yang disajikan.

Salah seorang pembeli, Tari warga asal Koto Nan Ampek Payakumbuh kepada KLIKPOSITIF menyebut, dirinya cukup sering ke tempat penjualan jajanan khusus jagug ini untuk membeli donat dan roti.

"Kalau beli satu memang Rp3.500 tapi saya biasanya beli tiga dan itu Rp10.000," terangnya.

Menurutnya, rasa khas dari berbagai jajanan yang terbuat dari jagung itu membuatnya cukup sering. Apalagi anaknya cukup menyukai donat jagung di tempat itu. "Setidaknya, saya ke sini satu kali dalam satu minggu," ujarnya.

Pengunjung ... Baca halaman selanjutnya