Surau Tuo Lengkapi Wisata Rumah Pohon Inyiak di Ngarai Sianok

"Dirancang seasli seperti layaknya surau di zaman dahulu di tanah Minangkabau"
Masjid tua atau surau tuo di Rumah Pohon Inyiak, Ngarai Sianok (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Objek wisata Rumah Pohon Inyiak Ngarai Sianok, Kelurahan Kayu Kubu Bukittinggi saat ini sudah memiliki sebuah fasilitas ibadah berupa Surau Tuo atau Masjid Tua yang diresmikan pada Sabtu 6 Oktober 2018.

Masjid ini dinamakan Surau Tuo Nek Kamsina sesuai dengan nama pemilik lahan dahulunya.

Fasilitas ibadah ini berukuran sekitar 9 kali 9 meter, dan dirancang seasli seperti layaknya surau di zaman dahulu di tanah Minangkabau.

"Kayu-kayunya asli, material dari tahun 1937," kata CEO PT Pesona Wisata Inyiak, Ismail selalu pengelola objek wisata itu, pada Sabtu 6 Oktober 2018.

Surau Tuo yang terletak berlatar tebing terjal Ngarai Sianok ini berbentuk persegi dengan bagian mihrabnya sedikit ditonjolkan sejauh 2 meter, memiliki 8 daun jendela, dan berketinggian 1 meter di atas tanah. 

Sementara bagian puncaknya juga sedikit ditonjolkan dengan gaya atap bertingkat, khas surau di pedalaman Minangkabau. Bagian atasnya, dibiarkan tanpa loteng, sedangkan bagian dinding juga tanpa cat pewarna.

Surau ini, hanya memiliki sebuah tiang utama pada bagian tengahnya, bagian lantainya dialasi tikar pandan sehingga terkesan sangat kuno. tebing-tebing terjal Ngarai Sianok.

"Kita memang sengaja membuat seklasik mungkin sesuai falsafah Minangkabau Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah, butuh waktu 5 bulan mengerjakannya," sebut Ismail.

Hadirnya Surau Tuo, membuat objek wisata Rumah Pohon Inyiak semakin lengkap. Di objek yang terletak di tepi Ngarai Sianok ini, telah hadir sejumlah objek populer seperti Patung Merlion, Rumah Lontiok, Rumah Rumput, Rumah Pohon, Wahana permainan anak, cafe kapal, serta sejumlah bangunan dari material kayu lainnya di kawasan seluas 1 hektar.

Tokoh masyarakat Datuak Mangkudun, mendukung hadirnya Surau tuo. Menurutnya, surau merupakan ciri khas Minangkabau.

"Surau adalah identitas ... Baca halaman selanjutnya