Baru Diresmikan, Yuk Liburan ke Objek Wisata Banto Royo Agam

"Objek wisata berbasis rekreasi air ini, diresmikan oleh tokoh nasional asal Kapau yang menjadi inisiator, Andi Sahrandi."
Objek Wisata Banto Royo (Hatta Rizal/KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Objek wisata Banto Royo yang berlokasi di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam-Sumbar diresmikan pada Minggu 28 Oktober 2018.

Objek wisata berbasis rekreasi air ini, diresmikan oleh tokoh nasional asal Kapau yang menjadi inisiator, Andi Sahrandi.

Peresmian ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti yang diikuti oleh pelaku wisata, warga maupun forkopimda Kecamatan Tilatang Kamang.

"Luas kawasan kita ada 6 hektar, 80 persennya adalah air. Ini memang pusat rekreasi air," sebut Manager Operasional Banto Royo, Isfahani.

Ia menyebut, dalam operasional, Banto Royo akan diperkuat sebanyak 74 orang yang akan bekerjasama dalam 5 tim. Hampir semuanya, merupakan warga lokal.

Untuk tiket masuk, sebutnya, akan dikenakam tarif perorang sebesar 10 ribu rupiah untuk hari biasa, sedangkan untuk weekend sebesar 20 ribu rupiah.

"Lamanya kita mempersiapkan hampir setahun dengan cara manual membersihkan rawa-rawa hingga menjadi seperti ini," ungkapnya.

Sejumlah wahana outbond yang hadir di Banto Royo, yakni flying fox, Highrope, Kano, Camping Ground hingga sejumlah fasilitas lainnya.

Keunikan lain dari Banto Royo adalah wahana jalan di atas air yang terbuat dari papan. Panjangnya mencapai 2,5 kilometer sehingga wisatawan bisa mengelilingi kawasan yang pada bagian ujungnya itu tampak seperti hutan bakau di pinggir pantai.

"Kita berharap, objek ini bisa diterima wisatawan sebab ini berbasis masyarakat. Semua hasil penjualan tiket digunakan untuk kepentingan masjid dan masyarakat," harapnya.

Banto Royo dahulunya puluhan tahun menjadi lahan tidur berupa rawa-rawa yang kemudian diubah menjadi kawasan wisata yang tampaknya akan menjadi primadona baru di Kabupaten Agam.

[Hatta Rizal]