20 Jenis Randang Sumbar Meriahkan Festival Nusantara Marandang

"Festival Nusantara Marandang, pelaku usaha Randang ini disiapkan stand khusus. "
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Koperasi dan UMKM mengutus 20 pelaku usaha kecil menengah (UKM), dari berbagai jenis Randang mengikuti Festival Nusantara Marandang Minggu, 2 Desember 2018 di Parkir Timur Senayan, Gelora Senayan, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri menjelaskan 20 pelaku UKM itu berasal dari beberapa daerah. Ada dari Kota Padang, Padangpanjang, Payakumbuh, Solok, Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Solok dan Tanah Datar.

"Mereka adalah pelaku usaha dari berbagai jenis Randang di Sumbar. Ada usaha Randang Daging, Tuna, Lele, Paru, Jengkol, Paku, Ayam dan lain - lain. Masing-masing mereka mewakili satu jenis Randang," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat (30/11).

Dalam kegiatan Festival Nusantara Marandang, pelaku usaha Randang ini disiapkan stand khusus. Mereka akan menjual Randang kemasan dan Randang siap makan beserta nasi dan ketan. Pengunjung bisa langsung mencicipi berbagai macam Randang sesuai selara.

Menurutnya, usaha Randang di Sumbar terus berkembang dan semakin diminati, apalagi dengan dinobatkannya Randang sebagai makanan terenak di dunia versi CNN. Selain itu, tahan lama juga menjadi daya tarik bagi pelaku usaha Randang.

"Catatan kami ini ada sekitar 200 lebih pelaku usaha Randang yang sudah berkembang di Sumbar. Sekarang sudah mulai menjamur usaha Randang," ulasnya.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Festival Nusantara Marandang sebagai adalah salah bentuk promosi Randang ke penjuru dunia. Randang saat ini telah menjadi oleh-oleh wisatawan ketika berkunjung ke Sumbar. Karena, rasa dan kelezatan randang ini dapat dinikmati siapa saja. Meskipun mereka wisatawan dari mancanegara.

Dijelaskannya Festival Nusantara Marandang ini direncanakan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang berupa hasil kreasi memasak randang. ... Baca halaman selanjutnya