Pulau Lakkang Simpan Keunikan Wisata

"Potensi wisata Pulau Lakkang ini sangat nyata dan ini perlu kita bantu. Namun yang terpenting sekarang menata infrastruktur yang ada di Pulau Lakkang ini agar akses orang yang datang kemari lebih mudah"
Pulau Lakkang (Net)

KLIKPOSITIF -- Pulau Lakkang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara Sungai Tallo dan Sungai Pampang di tengah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kendati berada di tengah Kota Makassar yang sudah sangat maju, pulau ini memiliki keunikan tersendiri karena masih terjaga alam lingkungannya. Sehingga kadang juga disebut sebagai desa di tengah kota. Dari salah satu keunikan inilah yang bisa disodorkan kepada pengunjung untuk berwisata.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung menyampaikan bahwa Pulau Lakkang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai destinasi ekowisata bahari ketika orang baru pertama kali datang ke Kota Makassar, karena lokasi ini dekat dengan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

“Potensi wisata Pulau Lakkang ini sangat nyata dan ini perlu kita bantu. Namun yang terpenting sekarang menata infrastruktur yang ada di Pulau Lakkang ini agar akses orang yang datang kemari lebih mudah,” ungkap Tamsil saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke Pulau Lakkang, Makkasar, Sulsel, beberapa hari lalu.

Selain itu, Tamsil berharap agar masyarakat Pulau Lakkang nanti terbuka atas kedatangan orang-orang yang ingin berwisata di pulau ini. “Misalnya menyediakan rumah-rumah penginapan atau menyediakan souvenir yang menjadi ciri khas atau keunikan masyarakat Pulau Lakkang,” ungkap legislator PKS itu.

Pulau Lakkang sendiri telah dijadikan sebagai lokasi wisata sejarah pada tahun 2011 lalu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makasssar, karena di tempat tersebut terdapat bunker tentara Jepang yang tentu akan membawa keunikan tersendiri.

Tamsil juga menyampaikan bahwa yang paling penting infrastruktur di Pulau Lakkang tersedia dengan baik, mulai dari dermaga, penerangan, tempat sampah bisa tersedia dengan baik sehingga ketika wisatawan berkunjung akan merasa nyaman.

“Kita berharap disediakan bank-bank sampah yang memadai, agar wisatawan yang ... Baca halaman selanjutnya