Pemprov Sumbar Sosialisasikan Brand Taste of Padang

"Taste of Padang telah resmi digunakan untuk brand pariwisata Sumbar"
Jam Gadang salah satu ikon pariwisata Sumbar (kl)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata terus melakukan sosialisasi agar brand pariwisata Sumbar 'Taste of Padang' menggema dan melekat di tengah masyarakat. Sosialisasi kali ini ditujukan kepada pihak-pihak yang terlibat langsung dengan pariwisata seperti kelompok sadar wisata (Pokdarwis), media, dan dinas-dinas di daerah.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Didit P Santoso mengatakan, 'Taste of Padang' resmi digunakan untuk brand pariwisata Sumbar. Dia berharap semua lapisan bisa menggunakan dan mengaplikasikan branding tersebut.

"Branding ini telah melalui kajian yang mendalam. Kami berharap ini tidak menjadi konsep saja tapi diaktualisasikan dalam pengembangan pariwisata," ujarnya, Selasa 4 Desember 2018.

Didit juga mendorong daerah untuk membuat brand tersendiri namun tidak lari dari brand yang ada. "Silakan seperti Taste of Bukittinggi dan lainnya," jelasnya.

Sosialisasi dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 5 Desember 2018 di Hotel Pangeran Padang.

DR. Emeraldy Chatra, M. IKOM selaku narasumber sosialisasi tersebut mengaku, 'Taste of Padang' sudah mewakili pariwisata Sumbar. Namun tidak cukup dengan brand saja dalam pengembangan pariwisata.

Dijelaskannya, pemerintah daerah harus mengetahui apa yang membuat wisatawan datang berulang ulang, tertarik dan kembali ke Sumbar.

"Ini butuh kajian. Bisa saja Rinuak Maninjau, transportasi apa yang menarik mereka. Harus ada kajian tentang selera wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang," jelasnya.

Menurutnya, Dinas Pariwisata bisa saja bekerjasama dengan peneliti pariwisata atau pihak kampus untuk mengetahui itu. Sebab setiap tahun atau dekade bisa saja selera itu berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

"Kemudian pemerintah daerah juga harus menawarkan sesuatu yang baru, unik dan sebagainya," katanya.

Selanjutnya, pemerintah harus melibatkan media dalam ... Baca halaman selanjutnya