Payakumbuh akan Gunakan Brand Kota Randang

"Brand ini rencananya akan ditetapkan pada Hari jadi Kota Payakumbuh pada 17 Desember 2018 "
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemko Payakumbuh akan mendeklarasikan Kota Payakumbuh sebagai Kota Randang (Payakumbuh City of Randang). Brand ini rencananya akan ditetapkan pada Hari jadi Kota Payakumbuh pada 17 Desember 2018 mendatang.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menyebut, pihaknya memutuskan untuk memilih randang sebagai ikon Kota Payakumbuh bukan tanpa alasan. Dalam hal ini pihaknya sudah mempertimbangkan beberapa hal.

"Dahulu itu ikon Kota Payakumbuh itu kan Batiah. Bukan kita membuang Batiah, tapi Batiah sepertinya belum memberikan efek daya ungkit yang cukup besar untuk membangun sebuah image yang berdampak ekonomi kesejahteraan juga kepada masyarakat Payakumbuh. Akhirnya kami melihat randang sebagai sesuatu yang bisa dijadikan unggulan untuk membangun industri kuliner walaupun industri-industri makanan ringan banyak di Kota Payakumbuh," jelas Riza Falepi, Rabu 5 Desember 2018.

Diakuinya, dalam pengembangan randang sebagai ikon Kota Payakumbuh bukanlah pekerjaan mudah. Ada beberapa kendala dan tantangan yang harus bisa diatasi dengan maksimal oleh pelaku usaha itu sendiri.

"Bukan pemerintah daerahnya yang harus sekuat tenaga untuk berbisnis di randang. Karena itu sangat terbatas secara birokrasi. Jadi yang jadi pahlawan sebenarnya adalah pengusaha-pengusaha ini, kalau pengusaha randangnya tidak siap untuk itu, kita (pemerintah) juga susah," ujarnya.

Menurutnya, yang memiliki peran untuk pengembangan randang itu sendiri adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di Payakumbuh.

"Kami sebagai pemerintah lebih kepada berusaha menstimulan, kemudian berusaha menyediakan sarana dan prasana yang mungkin atau yang bisa kami bantu. Contoh ikut pameran, mereka itu bersama-sama dengan Pemda yang ikut membantu. Selain itu kami juga ikut menyiapkan sarana-sarana produksi yang tak bisa disiapkan oleh mereka para UMKM kita, misalnya alat-alat packaging atau alat-alat masak ... Baca halaman selanjutnya