Pemerintah Mulai Kembangkan Kota Tua di Batang Arau Padang

" Pengembangan objek wisata itu dilakukan secara bertahap"
Kawasan Wisata Batang Arau Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, pengembangan Kota Tua di pinggir Batang Arau mulai dilakukan. Saat ini mulai ada satu dua bangunan yang diperbaiki tanpa menghilangkan nilai sejarah dari rumah tersebut.

Menurut Nasrul Abit, pengembangan objek wisata itu dilakukan secara bertahap.

"Pengembangan dilakukan bertahap. Sekarang perbaikan kawasan Muaro Padang, nanti akan sampai kepada perbaikan Kota Tua," ujar Nasrul Abit, Rabu 5 Desember 2018.

Menurut Nasrul Abit, destinasi Kota Tua berpotensi dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya juga sangat mendukung yang berdekatan dengan Muara Padang, Gunung Padang dan Jembatan Siti Nurbaya.

"Nanti setelah semua mulai bagus, objek ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kami tentu berharap Asita juga mengarahkan pengunjung ke sana," harapnya.

Untuk kebersihan kawasan tersebut, Wagub juga berharap kerjasama dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. "Kini kawasan itu masih kotor, Pemerintah telah menyediakan tempat pembuangan sampah. Masyarakat harus buang sampah ke tempatnya," imbaunya.

Untuk diketahui, terdapat sekitar 79 unit bangunan tua peninggalan Belanda di Kecamatan Padang Selatan itu. Bangunan tersebut mengalami kerusakan akibat gempa pada tahun 2009 lalu.

[Joni Abdul Kasir]