Danau Laut Tinggal, Keindahan Alam Tersembunyi di Pasbar

"Danau tersebut berada di Puncak Gunung Malintang diketinggian sekitar 1.900 Mdpl"
Danau Laut Tinggal (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Berbicara tentang Kabupaten Pasaman Barat tentunya akan terpikir tentang salah satu daerah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Namun dibalik itu menyembunyikan potensi keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Selain memiliki Gunung Talamau yang menjadi gunung tertinggi di Sumatera Barat. Pasaman Barat memiliki keindahan alam tersembunyi dan menakjubkan yakni Danau Laut Tinggal.

Namun keindahan alam itu tidak banyak diketahui karena tidak dikelola dengan baik. Hal itu dikarenakan, lantaran belum dikelola dengan baik oleh dinas pariwisata di daerah tersebut, sehingga tidak begitu terekspos ke dunia luar.

Danau tersebut berada di Puncak Gunung Malintang diketinggian sekitar 1.900 Mdpl, yang berada di dalam kawasan Nagari (Desa) Sitobu, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat-Sumatera Barat.

Danau Laut Tinggal diapit oleh dua Gunung, yaitu Gunung Bendera dan Gunung Malintang serta dikelilingi oleh bukit-bukit. Berdiameter kurang lebih 3 kilometer, warna air danau yang hijau tosca akan membuat mata tak henti untuk memandangnya.

Keberadaan Danau Laut Tinggal yang eksotis ini belum banyak diketahui oleh para pendaki gunung dan penjelajah alam. Awalnya Danau berwarna hijau toska ini diunggah di sebuah video penelitian ekspeditor asal Jerman, Dr Renata Rabenstern dan Herwig Zahorka yang diunggah ke situs YouTube.

Selain itu, dipublikasikan melalui media internet oleh organisasi MAPALA beberapa universitas terkemuka di Sumatera Barat. Salah satu tim penggiat alam bebas mancanegara yang pernah mencicipi keindahannya adalah seorang pendaki profesional asal Ukraina, Mykhailo Pavliuk.

Menurut mitos berkembang, Danau yang berwarna hijau toska itu diberi nama Danau Laut Tinggal, karena air laut yang terjebak di pegunungan saat pembentukan bumi dulunya. Namun menurut kalangan penelitian dari informasi yang dirangkum dari beberapa ... Baca halaman selanjutnya