Jembatan Gantung Guguak Tabek Sarojo, Tempat Selfie Anti Mainstream di Agam

"Sebabnya, jembatan ini berdiri di Ngarai bernama Sianyia. "
Jembatan gantung Tabek Sarojo (Hatta Rizal/Klikpositif)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Bagi pecandu swafoto di Bukittinggi maupun Agam, tak ada salahnya mencoba sensasi berfoto di Jembatan Gantuang Nagari Guguak Tabek Sarojo, Kecamatan IV Koto.

Sebabnya, jembatan ini berdiri di Ngarai bernama Sianyia. Tergolong sangat tinggi, sekitar 150 meter dari atas tanah dan panjangnya mencapai 125 meter.

Jembatan ini, fungsi awalnya hanya sebagai penghubung antar dua Jorong di Nagari Guguak Tabek Sarojo yakni Jorong Guguak Randah dan Jorong Guguak Tinggi dengan kendaraan roda dua. Namun, perkembangannya malah menjadi spot selfie.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF, jembatan ini cukup ramai dikunjungi pecinta swafoto terutama hari Sabtu dan Minggu.

"Tahu dari instagram,ternyata cukup keren," ucap Reni Putri, warga Padang Panjang, Minggu 3 Februari 2019.

Jembatan ini selesai dibangun akhir 2016, punya alam yang cukup memikat, di sisi kanan dan kirinya, terbentang jurang menganga yang di dasarnya mengalir sebuah sungai kecil yang bersumber dari dua buah air terjun pada sisi kanan jembatan.

Dasar jurang, sepenuhnya masih liar. Kicau burung masih terdengar merdu di lokasi sehingga menimbulkan kesan damai.

Berswafoto di atas jembatan yang "bergoyang-goyang" ini tentu akan menimbulkan sensasi tak biasa dan patut untuk dicoba.

Jembatan ini cukup gampang dijangkau dan bisa ditempuh baik roda dua maupun empat. Jika datang dari arah Bukittinggi maupun Padang Panjang, silahkan menuju Simpang Bangkaweh, selanjutnya ikuti jalan menuju Parabek dan belok kanan hingga sampai ke Guguak Tinggi.

Parkirlah kendaraan di dekat jembatan, karena kendaraan dianjurkan tak berhenti di tengah jembatan.

{Hatta Rizal}