Buper Guak Lago, Pesona Negeri di Atas Awan

"Hal yang paling diincar oleh penikmat sunrise adalah suasana berada di puncak bukit yang dikelilingi awan"
Suasana Buper Guak Lago saat matahari terbit (instagram @buperguaklago)

KLIKPOSITIF, LIMAPULUH KOTA -- Berbicara potensi wisata, Kabupaten Limapuluh Kota tidak dapat dilupakan. Sebut saja Lembah Harau, Jalan Kelok Sembilan dan Jembatan Layang Kelok Sembilan, Panorama Kayu Kolek dan BPTU HPT Padang Mengatas yang juga menjadi tujuan wisata.

Nama-nama tempat di atas sepertinya sudah dikenal oleh wisatawan baik lokal atau mancanegara. Namun siapa menyangka ada sebuah potensi wisata yang terletak di Jorong Kampuang Dalam, Limbanang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota yaitu Buper Guak Lago.

Berjarak sekitar 20 Kilometer dari pusat Kota Payakumbuh, Buper Guak Lago kini menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi milenial, khususnya untuk menikmati keindahan alam dari puncak bukit. Hal yang paling diincar oleh penikmat sunrise adalah suasana berada di puncak bukit yang dikelilingi awan.

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah serasa berada di atas awan sehingga dikenal dengan Guak Lago atau Negeri di Atas Awan. Menuju ke Buper Guak Lago, wisatawan dari ibukota provinsi dapat memilih beberapa alternatif.

Pertama, dari ibukota provinsi yaitu Padang dapat menaiki mini bus seperti PO. Ayah, Sinamar, Tranex Mandiri dan beberapa angkutan umum lainnya menuju Kota Payakumbuh. Menuju lokasi, penulis menyarankan untuk langsung memilih angkutan Sinamar karena dapat langsung menuju Limbanang.

Kemudian baru menuju Jorong Kampuang Dalam, Limbanang, Kecamatan Suliki dengan menggunakan ojek dengan harga yang tidak mahal sekitar Rp10 ribuan.

Kedua, bagi yang dari arah Padang atau Pekanbaru dapat menuju Kota Payakumbuh terlebih dahulu baru. Kemudian baru menaiki angkutan umum menuju Pasar Limbanang. Baru menggunakan jasa ojek ke arah Buper Guak Lago.

Ketiga, bagi yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua (R2) atau roda empat (R4), dapat langsung ke arah Pasar Limbanang. Sesampai di sana, kira-kira 100 meter sampai 200 meter akan ada jalur bercabang sebelah kiri dan ... Baca halaman selanjutnya