Akhir Pekan Ini, Yuk Liburan ke Laiwangi Wanggameti Sumba

"Taman Nasional Laiwangi Wanggameti juga merupakan kediaman bagi 176 jenis burung"
Berkunjung ke Sumba, ada Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. (suara)

KLIKPOSITIF - Berwista ke Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), cobalah bergeser ke Selatan. Berjarak 100 kilo meter dari Kabupaten Waingapu, terdapat Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, sebuah kawasan perlindungan flora dan fauna yang menyimpan aneka satwa langka.

Seperti dilansir dari Guideku.com, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti juga merupakan kediaman bagi 176 jenis burung, 22 jenis mamalia, 115 jenis kupu-kupu, 29 jenis reptil, dan 7 jenis amfibi.

Di hutan ini pengunjung bisa melihat beraneka ragam satwa langka, seperti burung rangkong sumba, kakak tua jambul jingga, pungguk weni, rusa timur, monyet ekor panjang, hingga phyton timorensis.

Tak hanya menikmati pesona jelajah rimba, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan cantiknya Air Terjun Laiputi, lanskap kawasan perbukitan Laiwangi nan menawan serta bermacam aset wisata alam lainnya di Laiwangi. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, secara administratif berada di 3 wilayah kecamatan yakni Kecamatan Tabundung, Paberiwai dan Pinu Pahar.

Berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti memiliki beragam vegetasi hijau dengan tingkat keanekaragaman hayati nan tinggi.

Pengunjung bisa melihat beragam pohon yang didominasi kayu omang, cemara hutan, kadhuru, wihi kalauki, murungiha dan bermacam tanaman lainnya. Teduh dan magis.

Jika Anda ingin menyambangi Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, disarankan datang pada bulan Maret hingga Juni serta Oktober hingga Desember.