Empat Tahun Jadi Penggiat Wisata Mandeh, Andrinof Chaniago Pamit!

"Dengan berat hati memang harus saya sampaikan, bahwa ke depan saya tidak lagi menjadi penggiat Mandeh"
Komut BRI Andirnof Chaniago (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan Teras BRI Nusantara Nagari Mandeh kepada Bupati Pessel, Hendrajoni (riki s)

PESSEL, KLIKPOSITIF - Kawasan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat semakin populer, dan dikenal sebagai Raja Ampat di Sumatera yang dijuliki The Paradise in the South (surga di Selatan).

Di surga inilah semua kedamaian bisa didapat. Danau lau yang ada di kawasan itu, banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menyelam, menyaksikan keindahan dasar laut dengan berbagai bentuk dan jenis kerang dan ikan-ikan yang hidup di sana.

Namun di balik kesuksesan yang raih kawasan wisata Mandeh, terdapat sosok yang disegani masyarakat Sumatera Barat, yaitu Andrinof Chaniago, putra Minang yang dikenal sebagai penggiat wisata Mandeh, dan saat ini mejabat sebagai Komut BRI.

Melalui sentuhan tangannya, kini kawasan Wisata Mandeh sebagai sport tourism, terus berbenah. Bahkan pada 2017 lal , kawasan wisata mandeh meraih peringkat pertama pada kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (API) II.

Minggu, 7 April 2019, merupakan hari terakhir bagi Andrinof sebagai penggiat wisata Mandeh, dan mantan Kepala Bappenas (2014-2015) itu, berharap Pemerintah Daerah meneruskan pembangunan di Mandeh dengan memanfaatkan semua potensi yang ada di kawasan Mandeh.

"Dengan berat hati memang harus saya sampaikan, bahwa ke depan saya tidak lagi menjadi penggiat Mandeh," katanya usai meresmikan Gapura dan Balai Pertemuan di Kampung Baru, Nagari Mandeh, Kecamatan XI Tarusan, Pessel, Minggu.

Waktu 4 tahun menjadi penggiat Mandeh, katanya melanjutkan, merupakan waktu yang cukup untuk memperkenalkan Mandeh ke seantero Indonesia, termasuk ke mancanegara. Oleh sebab itu, dirinya meminta maaf kepada masyarakat mandeh, dan Pessel umumnya.

"Kalau ada salah, saya mohon maaf. Mudah-mudahan, satu atau dua tahun ke depan, Mandeh semakin indah dan terus menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang datang berkunjung ke Sumatera Barat," bebernya.

Disebutkannya, ... Baca halaman selanjutnya