Libur Lebaran, Tahura Dikunjungi Ribuan Masyarakat

"Selain menikmati berbagai wahana outbound, pengunjung pun merasakan sejuknya hutan."
Medi Iswandi, Kepala Disbudpar Padang (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Setelah dibuka secara resmi sejak H-2 Lebaran lalu, Tahura (Taman Hutan Raya Bung Hatta) langsung menjadi primadona liburan masyarakat, terutama Kota Padang. Tercatat, saat libur Lebaran ini sudah terdata 1000 orang yang berkunjung disana.

Lokasi pariwisata lama yang diperbarui dengan berbagai wahana permainan tersebut langsung menjadi tujuan wisata masyarakat. Terlebih, selain menikmati berbagai wahana outbound, pengunjung pun merasakan sejuknya hutan.

"Meskipun kita mulai dari nol, tapi pengunjung saat libur lebaran lalu hampir sebanding dengan pengunjung di Pantai Air Manis," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi saat dihubungi KLIKPOSITIF, Kamis (13/7).

Menurutnya, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang sendiri dari Tahura masih belum dikalkulalsikan karena pihaknya masih melakukan penghitungan. "Kita mengambil PAD dari uang masuk dan wahana yang ada disana," lanjutnya.

Dia mengatakan pihaknya akan terus melakukan perkembangan terhadap pariwisata yang baru dipromosikan itu. "Kita akan terus melakukan perbaikan, terutama pada wahana-wahana yang ditawarkan disana," sambungnya.

Dia beranggapan dengan perkembangan wahana yang lebih baik, maka akan menarik perhatian wisatawan yang ingin melihat lokasi hutan yang dikelola itu. Tahura yang terletak di Jalan Lintas Sumatera Solok-Padang ini menyediakan lima wahana baru yakni Flying Fox, Jembatan Spiderman, Taman Kelinci, Paint Ball dan Airwalk.

Tahura sudah mulai dibuka seminggu menjelang lebaran dengan tarif masuk Rp5000, tapi operasionalnya optimal pada H-2 Lebaran. Sedangkan, tarif untuk masing-masing wahana belum ditetapkan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata merevitalisasi Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta menjadi destinasi wisata keluarga berbasis alam. Pihaknya mengelola 5 hektare dari 76 hektare kawasan yang merupakan bagian dari hutan lindung yang masuk ... Baca halaman selanjutnya