Mpek-Mpek Raykan Marapalam Tawarkan Kelezatan Ikan Teri

"Mpek-mpek ini terbuat dari olahan Ikan Teri dengan bahan-bahan pilihan"
Mpek- Mpek Raykan yang ada di Jalan Marapalam Indah 3 No.8 Kubu Marapalam Timur, Padang. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Apa menu berbuka di puasa hari ketiga ini Positifers? Jika Anda masih bingung, nggak ada salahnya mencoba menu berbuka hari ini dengan Mpek-mpek. Makanan khas Palembang ini memberikan cita rasa yang sangat kuat pada kuahnya.

Namun jika Anda ingin mencoba Mpek-mpek yang terbuat dari Ikan Teri, nggak ada salahnya mencoba Mpek- Mpek Raykan yang ada di Jalan Marapalam Indah 3 No.8 Kubu Marapalam Timur, Padang.

Mpek-mpek Raykan berbeda dengan Mpek-mpek lainnya. Mpek-mpek ini terbuat dari olahan Ikan Teri dengan bahan-bahan pilihan. Pemilik Mpek-mpek Raykan, Wiwit saat dihubungi KLIKPOSITIF.COM mengatakan bahwa makanan olahannya ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan Mpek-mpek lainnya.

"Mpek-mpek Raykan dibuat dari olahan Ikan Teri. Ikan Teri dan bawang putih dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung terigu. Campuran itu diaduk menjadi adonan agar pas dan kalis. Setelah itu, campuran ditambahkan dengan Tepung Kanji dan sesendok mentega," katanya.

Setelah adonan jadi, kemudian dibentuk menjadi dua bentuk, yakni model kapal selam dan dan lenjer (panjang). Setelah dibentuk, adonan kemudian di rebus selama 15 s/d 20 menit pada air mendidih hingga matang (mengapung). Setelah itu, di rendam dengan air selama lima menit dan ditiriskan. "Setelah airnya agak kering kurang lebih lima menit, baru Mpek-mpeknya di goreng," jelasnya.

Untuk isian Mpek-mpeknya, telur yang jadi isian direbus terlebih dahulu. Setelah direbus baru dipotong, kemudian dimasukkan ke dalam adonan. "Kita tidak menggunakan telur mentah, namun direbus dulu," jelasnya.

Sementara itu, untuk kuahnya, Mpek-mpek Raykan menggunakan bahan utama gula yang diproduksi sendiri. "Untuk bahan utama kuah seperti gula kita produksi sendiri. Gula yang kita gunakan yakni "Saka Anau". Gula kita rebus dengan air bersamaan dengan Cabe Rawit dan Bawang Putih yang sudah dihaluskan.

Kemudian ditambahkan dengan asam jawa ... Baca halaman selanjutnya