Sambut Kedatangan Perantau, Ini yang Disiapkan Dinas Pariwisata Payakumbuh

"Kegiatan ini akan diisi oleh pelajar-pelajar dan iringan 1.000 rebana serta ditutup dengan pemukulan bedug takbir bersama"
Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Memasuki H-3 Lebaran Idul Fitri 1440 H, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga siapkan beberapa agenda dalam menyambut perantau yang pulang kampung.

Hal ini disampaikan Kadisparpora Payakumbuh Elfriza Zaharman didampingi Kasi Promosi Bobby Andika, Minggu 2 Juni 2019. Elfriza Zaharman yang akrab disapa Buk Cece ini mengatakan saat malam takbiran pada 4 Juni 2019 mendatang akan ada gema takbir di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah.

Kegiatan ini akan diisi oleh pelajar-pelajar dan iringan 1.000 rebana serta ditutup dengan pemukulan bedug takbir bersama. Selain itu pada 8-9 Juni 2019 nanti akan ada festival sepanjang tahun yang digelar untuk menyambut perantau yang pulang kampung.

"Kemudian, nantinya juga akan ada festival kuliner unggulan Kota Payakumbuh yaitu Randang," kata Buk Cece dan menyebutkan kemarin telah meluncurkan tap cash untuk masuk Kolam Renang Ngalau Indah.

Dia juga menjelaskan untuk hiburan, perantau dan masyarakat Payakumbuh akan dihibur dengan kolaborasi seni budaya tradisional dan modern bersama musisi serta seniman yang ada di Payakumbuh.

Menurutnya, tradisi Sikatuntuang sebagai tradisi asli Payakumbuh juga akan dimainkan pada perayaan hari kemenangan yang dipusatkan di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah tersebut. "Mari kita nikmati dan rayakan kemenangan serta kebersamaan bersama dalam kegiatan ini," ujarnya.

Selain itu, wisatawan dan perantau juga dapat menikmati objek wisata yang ada di Payakumbuh seperti Kolam Renang Ngalau Indah, Goa Ngalau Indah, Panorama Ampangan dengan berbagai wahana serta kuliner enak yang ada di jajanan malam Pasar Kuliner Payakumbuh di pusat kota.

[Ade Suhendra]