Pembagian Bakcang Ayam dan Lamang Baluo Diserbu Warga, Setengah Jam Ludes

"Pembagian makanan berlangsung di tiga lokasi yang tersebar di sekitaran jalan Batang Harau"
Seorang anak menikmati Bakcang Ayam yang dibagikan dalam Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Warga yang bermukim di sekitaran Jalan Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang menyerbu pembagian makanan Bakcang Ayam dan Lamang Baluo pada Jumat, 7 Juni 2019 siang.

Dua makanan yang terbuat dari ketan ini dibagikan dalam rangka Festival Bakcang Ayam dan Lamang Ayam yang digeler sejak kemarin di bawah Jembatan Siti Nurbaya, Kamis 6 Juni 2019.

Pembagian makanan berlangsung di tiga lokasi yang tersebar di sekitaran jalan Batang Harau tersebut. Pembagian makanan dilakukan oleh pihak penyelenggara dan personel Satpol PP Padang.

Warga tampak antusias dengan pembagian makanan ini. Ribuan warga ini tampak sudah berkumpul di tiga lokasi itu sejak sekitar pukul 10:00 WIB.

Begitu makanan yang dikemas dalam kantong plastik itu dibagi, warga langsung berebut. Sehingga petugas Satpol PP yang ikut membagikan Bakcang Ayam dan Lamang Baluo ini kewalahan.

Tidak butuh lama untuk menghabiskan makanan itu. Hanya dalam kurun waktu 30 menit, 20 ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo ini langsung ludes.

"Kami penasaran dengan makanan Bakcang ini. Kata orang tua kami, ini merupakan makanan yang sudah jarang ditemukan sejak 10 tahun lalu. Makanya kami ingin sekali mencobanya," kata salah satu warga sekitaran Batang Harau, Rengga (23) yang datang ke lokasi acara dengan dua orang adiknya.

Rengga mengaku beruntung bisa mendapatkan makanan ini, "Mumpung gratis, lagipula makananya enak, jadi tidak rugi lah antri lama-lama dan berebut dengan warga lain," ujarnya.

Festival ini akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan pembagian 10 ribu Bakcang Ayam dan 10 ribu Lamang Baluo.(*)