Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo Raih Rekor MURI

"Festival dua jenis makanan ini merupakan sebuah prestasi yang dilahirkan oleh dua budaya "
Penyerahan rekor MURI pada Pemprov Sumbar dan Pemko Padang atas penyajian 20 ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Festival kuliner Bakcang Ayam dan Lamang Baluo yang digelar pada 6 dan 7 Juni 2018 meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) atas penyajian 20 ribu dua makanan tersebut.

Senior Manager Rekor MURI, Awam Raharjo mengatakan, festival dua jenis makanan ini merupakan sebuah prestasi yang dilahirkan oleh dua budaya yang ada di Kota Padang.

"Pencatatan rekor ini dipersembahkan untuk masyarakat Minangkabau dan Tionghoa yang menbangun Kota Padang. Kolaborasi dua budaya ini merupakan entitas asli bangsa Indonesia," katanya.

Menurut Awam, festival ini telah menandakan bahwa Indonesia ini merupakan bangsa yang beragam dan memiliki persatuan yang erat.

"Ini lah Indonesia yang sebenarnya, kami harap kedepan kegiatan seperti ini bisa dilestarikan untuk menjaga persatuan," ucap Awam.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengapresiasi atas peraihan rekor penyajian makanan 20 ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo ini.

"Selamat atas peraihan rekor ini. Semoga kedepan ada kegiatan serupa yang mengangkat kuliner asli Sumatera Barat. Lewat kegiatan ini, kita bisa mengenal makanan yang lahir di tanah ini," sebut Irwan.

"Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat, semoga ini bisa terus terjaga," pungkasnya kemudian.(*)