Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo: Bonus Untuk Perantau

"Setidaknya, ribuan warga tampak datang ke lokasi acara dalam dua hari ini"
Warga ramai-ramai menyaksikan pertunjukan Barongsai di Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo di Kota Padang (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo yang digelar pada 6 dan 7 Juni 2019 terbilang berhasil menyita animo masyarakat saat musim libur lebaran. Setidaknya, ribuan warga tampak datang ke lokasi acara dalam dua hari ini.

Berlangsung di bawah jembatan Siti Nurbaya, Jalan Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan, acara ini menjadi salah satu sentra kunjungan wisatawan lokal yang sedang berlibur di ibukota Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Pasalnya, selama festival berlangsung, pihak penyelenggara menyediakan sudut aneka kuliner khas Minang yang bisa dinikmati pengunjung di sekitaran lokasi acara.

Di momen lebaran ini, festival ini pun menjadi alternatif kunjungan wisatawan selain Pantai Padang, dan Pantai Air Manis. Sebab, lokasi acara cukup mudah di akses.

Beda halnya dengan Pantai Air Manis dan Pantai Padang. Dalam dua hari ini, dua lokasi wisata itu dipadati pengunjung sehingga membuat akses lalulintas macet.

Sementara, cukup dengan berjalan kaki di Jalan Batang Harau, pengunjung bisa menikmati berbagai macam produk kuliner dan bersantai di Harau Water Park serta pemandangan pemukiman warga yang berjejer di sepanjang lereng Gunung Padang.

"Ini jadi daya tarik tersendiri. Acara-acara seperti ini kadang jadi solusi lain dari kepadatan lalulintas. Saya tidak perlu lagi buang-buang waktu di jalanan," kata Niko, perantau Minang dari Jakarta itu.

Pendapat Niko kemudian diamini oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Ia mengatakan, festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo tersebut adalah bonus bagi perantau.

"Disini perantau bisa menikmati makanan khas Padang, dan objek wisata yang ada di sekitaran lokasi acara. Festival ini adalah hiburan juga bagi perantau selama berlibur," sebut dia.

Melihat animo masyarakat yang cukup besar, pemerintahpun sebut Mahyeldi akan kembali menyelenggarakan festival Bakcang Ayam dan Lamang ... Baca halaman selanjutnya