Curhat Pedagang Pantai Pohon Seribu Sasak Pasbar yang Minim Pembeli

"Tidak semua pedagang meraup banyak untung saat libur lebaran"
Suasana di Pantai Pohon Seribu di Sasak Pasbar (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Meski libur Lebaran telah usai, objek wisata Pantai Pohon Seribu Sasak di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat - Sumbar masih ramai dipadati pengunjung.

Namun pengunjung yang datang, tidak serta merta membuat sejumlah pedagang di tempat tersebut meraup banyak untung. Seperti yang dialami Iyel (35) salah satu pedagang kelapa muda musiman.

Dia sengaja memilih berdagang di objek wisata Pantai Pohon Seribu yang ada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia itu, karena terus dipadati pengunjung, baik luar maupun lokal.

Jika dibandingkan dengan hari biasa, kunjungan wisatawan di Pantai Sasak saat lebaran tentu sangat jauh berbeda. Akan tetapi, meski pengunjung sangat ramai, namun omset penjualan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

"Saya heran, pengunjung sangat ramai bahkan hari pun sangat cerah. Akan tetapi paling banyak kami cuma bisa meraup omset Rp600ribu selama lebaran. Omset jualan saya hari ke hari makin menurun drastis. Sore ini saja baru terkumpul hasil jual beli sebanyak Rp50ribu," ungkapnya kepada klikpositif, Jumat 14 Juni 2019.

Ia menilai, ekonomi masyarakat di lebaran ini menurun. Kemungkinan kata Iyel, karena lebaran kali ini bertepatan dengan masuknya ajaran baru untuk anak sekolah, dan tentunya kebutuhan lain lebih diutamakan.

Ditempat yang sama, Ujang (42) pedagang makanan mengaku hal yang berbeda. Jual beli para pedagang di sekitar pantai menurutnya selama lebaran biasa-biasa saja, bahkan lebih banyak di hari biasa.

Dia menilai, ini bukan masalah faktor ekonomi yang merosot sehingga daya jual beli terganggu. Namun sejumlah pengunjung mulai berfikir negatif dan mulai tidak tertarik untuk mengunjungi Pantai Sasak, karena sebelumnya ada diberlakukan karcis masuk selama libur lebaran dengan harga yang dinilai sangat mahal.

Mahalnya harga karcis untuk masuk ke wisata pantai di Sasak tentu berdampak terhadap pedagang. ... Baca halaman selanjutnya