Jangan Ketinggalan Ada Lomba Foto Objek Wisata di Festival Pesona Gandoriah 2019

Anwar Kabid Kerjasama dan Promosi Dinas Pariwisata Kota Pariaman.
Anwar Kabid Kerjasama dan Promosi Dinas Pariwisata Kota Pariaman. (KLIKPOSITIF/ Rahesa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Pemerintah Kota Pariaman kembali menggelar iven tahunan Festival Pesona Gandoriah 2019.

Ivent Pariwisata yang berskala nasional ini di gelar selama lebih kurang lima terhitung semenjak tanggal 29 Juni sampai dengan 03 Juli 2019.

Kabid Kerjasama dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Anwar yang saat itu di dampingi oleh Nini Sria Fivrina Kasi Promosi Pariwisata Kabid Kerjasama dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman di ruang kerjanya Selasa (18-06-2019) mengatakan bahwa Festival Pesona Gandoriah ini merupakan iven tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dimana pada tahun 2019 ini merupakan tahun ke-5 dari pelaksanaan event ini.

Baca Juga

“Salah satu lomba yang akan dilaksanakan adalah lomba foto objek pariwisata, yang bertujuan dimana nantinya foto-foto ini akan dipergunakan sebagai alat promosi oleh Dinas Pariwisata di Kota Pariaman. Hal ini berhubungan dengan Visi dan Misi Kota Pariaman yaitu Memajukan Pariwisata di Kota Pariaman, maka tema yang akan diangkat dalam Lomba Foto ini adalah Visit Pariaman” ujar Kabid yang suka senyum ini.

Dia juga menjelaskan untuk lomba fotografi ini temanya meliputi tentang Kuliner, Wisata Alam yang ada di Kota Pariaman, Ecotourism, Keindahan Bawah Laut Kota Pariaman dan Budaya, sedangkan untuk peserta lomba fotografi ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum, yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Mengenai ketentuan lomba fotografi ini karya foto yang dikirim itu harus merupakan hasil karya sendiri terhitung dari bulan Januari 2018 sampai dengan sekarang, dan belum pernah di publikasikan di Media Cetak dan juga belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi apapun.

“Hak cipta melekat pada fotografer, namun Pemerintah Kota Pariaman pada Dinas Pariwisata diberikan hak/izin untuk mempublikasikan foto peserta yang masuk untuk kepentingan panitia dan Pemerintah Kota Pariaman”, terangnya.

Dikatakannya, untuk peserta yang ingin mengisi formulir lomba foto pariwisata 2019, dapat diambil di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Kota Pariaman, atau di download di website Kota Pariaman www.pariamankota.go.id , kemudian mereka harus menyerahkan hasil berupa foto 10R beserta judul dan keterangan foto serta file/soft copy foto tersebut.

Kemudian foto yang diserahkan merupakan karya asli tanpa rekayasa seperti menghilangkan elemen foto kecuali re-touching terang dan gelap, dan peserta wajib untuk follow dan like (menyukai) Facebook Dinas Pariwisata Kota Pariaman dan foto yang akan diperlombakan juga di tag ke instagram dengan hastag #ayokepariaman, #beautifulpariaman, #wonderfulindonesia, facebook : Beautiful Pariaman, Instagram :@disparbud_kota_pariaman.

Selanjutnya Peserta boleh mengikut sertakan lebih dari satu foto dengan format foto berbentuk Format Digital (JPEG). Berarti dengan menyerahkan karya foto peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Panitia.

Buat peserta yang ingin ikut lomba fotografi ini bisa menyerahkan foto mulai dari sekarang hingga tanggal 28 Juni 2019 bertempat di Dinas Pariwisata Kota Pariaman yang beralamat di Jl. H.Bagindo Dahlan Abdullah Desa Ampalu Kecamatan Pariaman Utara.

Anwar berharap semoga lomba fotografi ini bisa melahirkan bibit-bibit fotografer yang handal di Kota Pariaman dan bisa menjadi satu pekerjaan bagi mereka untuk mempunyai penghasilan sendiri dari bidang yang mereka sukai. (RHS)

Penulis: Eko Fajri