Festival Langkisau di Pessel Tahun Ini Batal, Kenapa?

"Karena sekarang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kita defisit. Makanya harus efisien"
Penggelaran Seni Budaya saat pembukaan Festival Langsikau 2017 (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meniadakan event tahunan daerah festival Langkisau untuk tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo mengungkapkan, alasan ditiadakannya agenda event pariwisata tersebut karena alasan penghematan anggaran.

Menurutnya, selain penghematan anggaran hingga kini target dalam Rencana Pembangunan dan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) juga masih belum tercapai.

"Karena sekarang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kita defisit. Makanya harus efisien," ungkapnya baru-baru ini kepada wartawan di Painan.

Festival Langkisau adalah merupakan, salah satu agenda rutin event yang digelar Pemkab Pessel sejak 17 tahun terakhir dalam memeriahkan dan ajang promosi kepariwisataan dan keelokan seni budaya di daerah teraebut.

Terancam batalnya ini, lanjut Hadi, Festival Langkisau baru akan digelar kembali pada 2020. Hal itupun, sesuai dengan perencanaan yang akan ditetapkan.

"Memang saya akui, dengan tidak adanya Festival Langkisau tentu berdampak negatif terhadap kunjungan wisata," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2016-2021, pemerintah daerah menargetkan angka kunjungan wisatawan lokal mencapai 2,8 juta orang.

Sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 185 ribu. Asumsi itu lebih tinggi dari target tahun lalu yang hanya 2,6 juta orang wisatawan lokal dan 180 ribu mancanegara. (Kiki Julnasri)