Wajib Tahu! Ini Enam Aturan Tak Tertulis Bagi Penumpang Pesawat

"Walau sepele, namun tak ada salahnya jika aturan-aturan ini diikuti agar keributan antar penumpang bisa dihindari"
penumpang dalam pesawat (net)

KLIKPOSITIF -- Demi keamanan dan keselamatan saat sedang naik pesawat, para penumpang pesawat tentu tahu bahwa ada aturan-aturan yang harus dipatuhi. Sebut saja larangan merokok, mematikan ponsel, memakai sabuk pengaman, tidak membawa bagasi berlebihan ke kabin, dan lain semacamnya.

Meski begitu, ada juga aturan tak tertulis yang sebenarnya harus dipatuhi penumpang pesawat agar perjalanan terasa lebih nyaman. Walau sepele, namun tak ada salahnya jika aturan-aturan ini diikuti agar keributan antar penumpang bisa dihindari.

Dilansir dari laman Traveller, berikut enam aturan tak tertulis yang harus diketahui penumpang pesawat.

1. Jangan mengantri di boarding gate terlalu awal
Datang ke bandara lebih awal agar tidak terburu-buru saat check-in memang disarankan. Namun, hal ini tidak berlaku saat berada di boarding gate. Terkadang, demi naik pesawat lebih awal, ada penumpang yang sengaja berdiri di depan boarding gate bahkan setengah jam sebelum pintu benar-benar dibuka.

Hal ini dapat mendorong penumpang lain untuk berbuat serupa dan terpaksa berdiri mengantre karena tidak mau masuk pesawat paling akhir. Padahal, bukan cuma melelahkan, hal ini juga dapat membuat bandara makin terasa sesak.

2. Perlakukan awak kabin dengan manusiawi
Beberapa penumpang pesawat kadang lupa bahwa awak kabin juga manusia dan mereka bukan sekadar pelayan. Jika ingin mendapat perlakuan baik dan senyum ramah dari awak kabin, maka tidak ada salahnya jika penumpang juga berusaha memperlakukan mereka dengan manusiawi.

3. Jangan melotot ke bayi
Berbeda dengan orang dewasa, bayi akan lebih mudah menangis terutama saat berada di dalam pesawat. Bahkan, terkadang ada pula orangtua yang merasa tak enak hati karena bayi mereka menangis sepanjang penerbangan.

Meski begitu, beberapa penumpang kadang merasa bahwa bayi tidak seharusnya naik pesawat dan ... Baca halaman selanjutnya