Pemkab Kuansing Promosikan Event Pacu Jalur ke Bukittinggi

"Untuk tahun ini, Pacu Jalur akan digelar mulai tanggal 21 hingga 25 Agustus 2019"
Foto bersama usai presentasi promosi wisata Kuansing di Hotel Novotel Bukittinggi, Jumat (12/07/2019) (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)-Riau promosikan event tahunan Pacu Jalur ke Kota Bukittinggi-Sumbar, Jumat 12 Juli 2019 malam. Promosi yang dilakukan di  Hotel Novotel Bukittinggi ini diharapkan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Kuansing, khususnya saat event Pacu Jalur.

"Kami ingin membawa turis asing ke Kabupaten Kuansing. Oleh karena itu kami juga ingin belajar ke Bukittinggi, bagaimana cara membawa turis mancanegara," ujar Wakil Bupati (Wabup) Kuansing H. Halim.

Wabup mengatakan, saat ini peserta Pacu Jalur masih mayoritas berasal dari daerah Riau dan diharapkan tahun-tahun berikutnya bisa diikuti oleh peserta dari mancanegara.

"Mungkin tahun depan kami akan undang atlet mancanegara, atau membuat terobosan baru agar atlet dari luar negeri bisa mengikuti kegiatan ini," ulasnya.

Wabup melanjutkan, event Pacu Jalur merupakan tradisi yang sudah berjalan semenjak 116 tahun yang lalu, dan tetap dipertahankan hingga saat ini.

Menurutnya, saat Pacu Jalur, ada sekitar 300 ribu hingga 400 ribu pengunjung yang datang ke Kuansing. Banyaknya pengunjung ini diharapkan bisa 'menjual' budaya dan pariwisata Kuansing, sehingga Kuansing bisa tetap menjadi tujuan wisata, meski tidak disaat event Pacu Jalur.

Pacu Jalur adalah sebuah perlombaan dayung di sungai yang digelar di Teluk Kuantan, Kuansing. Untuk tahun ini, Pacu Jalur akan digelar mulai tanggal 21 hingga 25 Agustus 2019. Uniknya, perahu yang digunakan peserta sangat panjang sekali.

Menurut Sekda Kabupaten Kaunsing, Dianto Mampanini, panjang jalur (perahu) yang digunakan peserta berkisar 30 hingga 40 meter, dengan kapasitas 50 hingga 60 orang untuk masing-masing perahu. Setiap tahunnya ada sekitar 200-an tim yang ikut, yang berarti ada sekitar 10 hingga 12 ribu atlet yang ikut dalam Pacu Jalur.

"Siangnya Pacu Jalur, malam ada kesenian tradisional. Tahun lalu, ... Baca halaman selanjutnya