Goa Torus, Keindahan Alam Tersembunyi di Pasbar

"Goa Torus tersebut berada di diketinggian sekitar 700 Mdpl, yang berada di Jorong Kampung Guo didalam kawasan Nagari (Desa) Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat-Sumatera Barat."
Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan bersama istri saat jelajahi Goa Torus (Ist/Robi Sam Staf Humas Setdakab Pasbar)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di Sumatera Barat adalah salah satu daerah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di provinsi itu. Namun dibalik itu menyembunyikan potensi keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Selain memiliki gunung Talamau yang menjadi gunung tertinggi di Sumatera Barat dan memiliki Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Selain memiliki Danau Laut Tinggal di ketinggian 1900 Mdpl. Pasaman Barat juga memiliki keindahan alam tersembunyi dan menakjubkan yakni Goa Torus. Namun keindahan alam itu tidak banyak diketahui karena belum terkelola dengan baik.

Goa Torus tersebut berada di diketinggian sekitar 700 Mdpl, yang berada di Jorong Kampung Guo didalam kawasan Nagari (Desa) Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat-Sumatera Barat.

Goa Torus terletak dalam perut jajaran pegunungan bukit barisan yang berdiameter sekitar 10meter. Goa yang berkedalaman sekitar 2000meter itu akan menyajikan Stalagmit dan Stalaktit.

Stalagmit adalah pembentukan gua secara vertikal (tumbuh dari bawah ke atas). Stalagmit ditemukan dilantai gua yang berupa batuan, yang terbentuk dari kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Mineral yang dominan dalam pembentukan stalagmit adalah kalsit (kalsium karbonat).

Sedangkan Stalaktit adalah sejenis mineral sekunder (speleothem) yang menggantung di langit-langit gua kapur. Nah, inilah yang sering kita lihat ada di langit-langit atas gua torus.

Keberadaan Goa Torus yang eksotis ini belum banyak diketahui oleh para wisatan luar. Namun untuk wisatawan lokal, Goa ini sudah sering dikunjungi.

Bagaimana rute perjalanan menuju ke Goa yang memiliki Stalagmit dan Stalaktit itu?. Berikut akses perjalanan menuju Goa Torus berdasarkan data yang dihimpun dari beberapa sumber.

Rute menuju Goa Torus, para penjelajah alam harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam perjalanan darat dari ... Baca halaman selanjutnya