Ini Lima Tempat yang Wajib Anda Kunjungi Jika ke Alahan Panjang

"Dari Padang, Anda harus melintasi dahulu pendakian Sitinjau Lauik dan belok kanan setelah sampai di pertigaan Simpang Lubuk Salasiah"
Pemandangan yang terlihat dari Bukik Cambai, Alahan Panjang. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Berwisata, terutama di saat weekend ternyata sangat menyenangkan. Sumatera Barat sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata bisa menjadi pilihan. Jika pengunjung bosan dengan lokasi yang itu ke itu saja, tak ada salahnya mendatangi Nagari Alahan Panjang, Kabupaten Solok.

Alahan Panjang berada di jalan lintas timur Sumatera. Dari Padang, Anda harus melintasi dahulu pendakian Sitinjau Lauik dan belok kanan setelah sampai di pertigaan Simpang Lubuk Salasiah. Di jalur ini ada lanskap yang sangat menarik untuk dinikmati sepanjang perjalanan, yakni Danau Kembar dan Gunung Talang.

Namun, tidak itu saja yang membuatnya menarik. Beberapa objek wisata pun tak kalah bagus dan sangat rugi jika dilewatkan begitu saja. Yuk simak, berikut lima tempat yang wajib dikunjungi jika Anda ke Alahan Panjang:

1. Kebun Teh
Kebun teh ini akan ditemui di sepanjang perjalanan Anda. Mulai dari Nagari Batang Barus hingga ke Nagari Tanjuang Nan Ampek. Setelah itu, kita akan dimanjakan oleh pemandangan eksotis kawah Gunung Talang yang terlihat jelas dari jalan raya, kemudian view Danau Diatas yang akan menyambut sepanjang perjalanan.

Kebun teh ini sendiri adalah peninggalan dari kolonial Belanda. Dahulunya, perkebunan dikelola oleh orang Belanda dan Jerman. Tapi, sekarang perkebunan teh Alahan Panjang ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara yang mengajak penduduk sekitar sebagai pekerjanya.

2. Danau Kembar
Danau Kembar menjadi salah satu primadona wisata bagi Nagari Alahan Panjang dan salah satu tempat wisata favorit yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah. Danau Kembar ini sendiri terbagi dua yaitu, Danau Dibawah dan Danau Diatas.

Uniknya, Danau Dibawah yang terletak di Nagari Bukit Sileh ini berada di atas ketinggian, sedangkan Danau Diatas yang terletak di Nagari Alahan Panjang berada lebih rendah dibawahnya. Jika ingin menginap, ... Baca halaman selanjutnya