Tanah Datar Kembangkan Empat Destinasi Wisata Unggulan

"empat destinasi wisata unggulan itu adalah Istano Basa Pagaruyung, Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan, Puncak Pato dan Aua Sarumpun."
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat mengunjungi objek wisata Puncak Pato beberapa waktu lalu. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berupaya mengembangkan empat destinasi wisata unggulan disamping seratus lebih objek wisata yang ada di daerah ini.

“Potensi pengembangan di empat destinasi wisata unggulan Kabupaten Tanah Datar hendaknya menjadi perhatian bagi pelaku usaha untuk dapat berinvestasi di bidang pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Rabu 4 September 2019.

Ia menyebut empat destinasi wisata unggulan itu adalah Istano Basa Pagaruyung, Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan, Puncak Pato dan Aua Sarumpun.

“Dalam pengembangan destinasi wisata tersebut, para investor akan diberikan kemudahan seperti perizinan, pembebasan lahan, serta rasa nyaman dalam berusaha," katanya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison menjelaskan beberapa hal perlu dikembangkan untuk objek wisata Istano Basa Pagaruyung seperti kereta gantung, arena bermain anak-anak, pembangunan taman hewan dan kebun buah.

“Istano Basa Pagaruyung menjadi ikon pariwisata Sumatera Barat yang sangat diminati wisatawan lokal maupun mancanegara setiap akhir pekan atau hari libur,” tuturnya.

Demikian juga dengan Nagari Pariangan yang menyandang status desa terindah di dunia, Aua Sarumpun dan Puncak Pato punya keunggulan pemandangan yang elok dan cuaca yang sejuk.

“Nagari Tuo Pariangan sebagai daerah asal muasal Minangkabau dan Puncak Pato dengan Sumpah Sati Marapalam tempat lahirnya filosofi Adat basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah, jika dikemas dengan baik tentu akan sangat menarik kunjungan wisatawan,” jelasnya. (irfan taufik)