Gelar Festival Pesona Minangkabau, Ini 16 Daya Tarik Bagi Wisatawan Tanah Datar

"Festival Pesona Minangkabau akan diikuti oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Negara Malaysia"
Makan Bajamba, salah satu event pada Festival Budaya Minangkabau tahun lalu. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Lima hari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan menggelar Festival Pesona Minangkabau (FPM) pada 4--8 Desember 2019. Selama waktu itu akan ada 16 ivent kesenian dan kebudayaan Minangkabau yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Tanah Datar.

"Kita menggelar Festival Pesona Minangkabau dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya Minangkabau dan mempromosikan pesona wisata Tanah Datar," ucap Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Pagaruyung, Sabtu 30 November 2019.

Bupati menyebutkan Tanah Datar saat ini sudah menjadi daerah tujuan wisata utama di Provinsi Sumatra Barat karena memiliki destinasi wisata yang beraneka ragam seperti wisata alam, sejarah, budaya, kuliner dan kerajinan tangan serta atraksi seni tradisional.

Ia mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dan mendukung festival ini mengingat ramainya wisatawan yang akan mengunjungi ke lokasi acara di Istano Basa Pagaruyung, Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, dan Kompleks Van der Cappelen Tanah Datar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Tanah Datar Abdul Hakim menjelaskan 16 event yang digelar selama festival adalah Pawai Budaya, Arakan Jamba, Makan Bajamba, Pemecahan rekor MURI, Pagaruyung Expo, Pegelaran Seni Spesifik Minangkabau, Pagelaran Seni Budaya Melayu, Festival Matrileneal.

Kemudian, Pameran Foto Pesona Wisata dan Budaya Tanah Datar, Kampung Kopi, Dialog Budaya, Pacu Jawi, Pasar Van der Capellen, Tanah Datar Tourism Award, Pemilihan Media Tradisonal Seni Budaya, dan Hiburan artis Minangkabau.

"Festival Pesona Minangkabau akan diikuti oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Negara Malaysia," tutur Hakim.

Hakim menuturkan Festival Pesona Minangkabau ini telah mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu dari 100 wonderful event Indonesia. (Irfan Taufik)