Revitalisasi Tahura di Sitinjau Lauik Ditargetkan Selesai Jelang Lebaran

"Akan memiliki taman tematik, taman kelinci, laboratorium iptek untuk flora dan fauna serta akan menyediakan sejumlah wahana permainan seperti ATV"
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang Medi Iswandi. (KLIKPOSITIF/Elvia Mawarni)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Padang melalui dinas kebudayaan dan pariwisata tengah merevitalisasi Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta menjadi destinasi wisata keluarga berbasis alam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang Medi Iswandi mengatakan, Tahura yang berlokasi di perbatasan Padang-Solok atau di kawasan Sitinjau Lauik itu akan memiliki taman tematik, taman kelinci, laboratorium iptek untuk flora dan fauna serta akan menyediakan sejumlah wahana permainan seperti ATV (all terrain vehicle/kendaraan segala medan), flying fox dan wahana outbond lainnya.

Selain itu, nantinya tahura ini juga akan memiliki toko yang khusus menjual wortel dan menjual bunga, lalu coffe house, plaza, dan mushalla.

"Disana ada cottage, ada sekitar 12 kamar, 8 kamar yang sedang kita rehab," katanya kepada KLIKPOSITIF.

Ia menyebutkan, dari 76 hektare kawasan yang merupakan bagian dari hutan lindung yang masuk kawasan konservasi Bukit Barisan I itu, saat ini pihaknya baru mengelola sekitar 5 hektare.

Ia menargetkan revitalisasi tahura ini selesai sebelum lebaran, karena potensi kunjungan wisatawan tinggi  pada momen itu.

"Anggaran kita sebesar Rp700juta untuk tahap ini," katanya.

[Elvia Mawarni]