Tahun Ini, Agam Targetkan Satu Juta Wisatawan

Danau Maninjau
Danau Maninjau (KLIKPOSITIF/HATTA RIZAL)

AGAM , KLIKPOSITIFPemerintah Kabupaten Agam mematok target kunjungan wisatawan meningkat pada tahun 2020.

Pemkab Agam optimis peningkatan itu akan tercapai mengingat potensi wisata di daerah tersebut sangat besar. Di samping itu, Agam sudah membenahi sejumlah objek wisata.

"Target kita, sejuta wisatawan untuk tahun ini,''jelas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Syatria, Sabtu 8 februari 2020.

Baca Juga

Ia menyebut, selain meningkatkan sarana prasara pariwisata , pihaknya juga kan gencar meningkatkan promosi agar menarik minat wisatawan.

Dalam 10 tahun terakhir, kunjungan wisatawan terus bertambah, peningkatannya lebih dari 50 ribu wisatawan per tahunnya. Akhir 2019 silam, kunjungan wisatawan di Agam tercatat sebanyak 766.699. jumlah kunjungan ini tersebar di puluhan destinasi wisata

Agam memang mempunyai destinasi terlengkap di Sumatera Barat, dari mulai laut, danau, sungai, air terjun, goa alam, panorama, plus peninggalan sejarah semisal kuburan panjang, masjid kuno. Belum lagi sejumlah kulinernya yang menggoda, membuat Agam layak menjadi daerah tujuan wisata terkemuka di Sumbar.

Sejumlah destinasi andalan Agam saat ini antara lain adalah Danau Maninjau, Pantai Tiku, Puncak Lawang, Danau Tarusan dan objek wisata baru yakni Sejuta Janjang di Lereng Singgalang. Jumlah destinasi ini akan bertambah sebab sebuah nagari di Kecamatan Palupuah, yakni Pasia Laweh, tengah giat mempromosikan belasan wisata yang ada di sana.

Baca Juga

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri