Pesona Pantai Madasari Pangandaran, Bisa Camping Sampai Surfing

Pantai Mandasari
Pantai Mandasari (istimewa)

Pantai Madasari Pangandaran bisa jadi alternatif wisata pantai di Jawa Barat. Pantai ini sangat cocok jadi tempat wisata keluarga. Pengunjung bisa sekalian camping di lokasi yang tak jauh dari pantai.

Pantai yang juga dikenal dengan nama Bulak Benda ini menyuguhkan pemandangan menawan debur ombak di pulau pulau kecil nan hijau. Apalagi ditambah dengan keberadaan batu karang di sepanjang sisi pantai yang landai.

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai ini jadi salah satu obyek wisata pantai yang ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga

Anda tertarik mengunjungi pantai ini? Berikut informasi terkait Pantai Madasari yang kami rangkum dari media online lokal Pangandaran harapanrakyat.com.

Akses ke Pantai Madasari Pangandaran

Dari Pantai Batu Karas, jaraknya hanya 18,5 KM, bisa ditempuh dalam waktu setengah jam saja dari Pantai Batu Karas dengan menggunakan kendaraan.

Selain itu, bisa juga ditempuh dengan berjalan kaki dari Pantai Batu Karas. Tapi ini tidak disarankan, lantaran jaraknya cukup jauh, sekitar 13 KM. Jika berjalan kaki bisa memakan waktu 2 jam 40 menit dari Pantai Batu Karas.

Sementara jika dari pusat Kota Pangandaran, cukup 45 menit saja menuju Pantai Madasari dengan kendaraan pribadi.

Rutenya, dari pusat Kota Pangandaran menuju Cimerak, melewati Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Dari Cimerak, lurus saja menuju Legok Jawa. Sesampainya di Legok Jawa bisa ambil jalan ke kiri menuju Bulak Benda sampai ke Pantai Madasari Pangandaran.

Ada juga rute lain, yakni dari Cimerak langsung saja belok kiri ke Desa Masawah. Lurus sampai ke Bulak Benda, baru kemudian sampai ke Pantai Madasari.

Hanya saja, jika ingin sambil menikmati panorama alam selama di perjalanan menuju Pantai Madasari, bisa mengambil rute ke arah Legok Jawa.

Tiket Masuk Pantai Madasari

Pejalan kaki yang datang ke Pantai Madasari dikenai tiket Rp 2.500. Sementara pengendara motor dikenai tiket Rp. 7.500.

Jika membawa kendaraan seperti, jip, sedan, atau kijang, maka tiket masuk Pantai Madasari Rp 19 ribu. Sementara bus kecil yang ingin masuk ke Pantai Madasari Pangandaran dikenai tiket masuk Rp 36 ribu.

Bus sedang beda lagi harga tiketnya, yakni Rp 68 ribu. Sementara rombongan dalam bus besar dikenai tiket Rp 90 ribu.

Tiketnya cukup murah, dengan harga tiket tersebut berbagai sarana di Pantai Madasari sudah lengkap. Mulai area parkir, gazebo, toilet, sampai camping ground.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Madasari

Telah disebutkan di atas, Pantai Madasari cocok untuk tempat camping. Hamparan rumput di sekitar pantai bisa jadi camping ground yang asyik.

Saat malam tiba, debur ombak dan hamparan bintang bisa dinikmati sambil tiduran beralaskan pasir pantai.

Selain itu, untuk pengunjung yang datang bersama rombongan, Pantai Madasari Pangandaran cocok untuk tempat gathering. Bahkan berbagai permainan yang biasa dimainkan saat outbond juga cocok dilakukan di Pantai ini.

Untuk melengkapi liburan di Pantai Madasari, bisa juga sekalian menjelajah alam sekitar Pantai. Karena ada 6 pulau batu karang cantik yang bisa ditelusuri, yakni Batu Sebrotan, Batu Leuit, Batu Gedogan, Legok Candu, Cariuk, dan Pandai Nyampai.

Di pulau-pulau tersebut juga terdapat hewan liar yang sudah jarang ditemukan, seperti cangehgar atau ayam hutan.

Usai menjelajah dan kembali ke tempat camping, senja di Pantai Madasari Pangandaran tidak boleh dilewatkan. Hanya saja, jika air laut surut, pengunjung harus berhati-hati, karena seringkali ditemukan bulu babi terbawa ombak ke sisi pantai.

Untuk kenyamanan pengunjung saat camping di Pantai Madasari, di obyek wisata ini telah disediakan mushola dan toilet. Fasilitas tersebut sengaja dibangun untuk kemudahan wisatawan saat berlibur di Pantai Madasari.

Selain tempat camping, Pantai Madasari juga cocok untuk surfing. Ombaknya bisa mencapai 5 sampai 6 meter, bagi peselancar tentu cukup menantang.

Jika pengunjung tak membawa peralatan surfing, sudah ada tempat penyewaan sampai petugas yang akan mengajari cara berselancar bagi pemula.

Itulah pesona Pantai Madasari Pangandaran yang bisa dinikmati wisatawan. Sangat cocok untuk yang ingin camping, menjelajah alam nan asri, sampai surfing. (*)

Baca Juga

Editor: Pundi F Akbar