Melihat Megahnya Ngarai Sianok dari Puncak Taruko

Puncak Taruko
Puncak Taruko (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Taruko Kadung terkenal sebagai salah satu cafe dan resto di Ngarai Sianok .

Sebenarnya, Taruko adalah salah satu perkampungan yang berada di Ngarai Sianok , berlokasi di Jorong Sutijo, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Agam -Sumbar.

Di sini, ada sebuah objek wisata berupa panorama alam indah yang disebut, Puncak Taruko. Lokasinya, merupakan salah satu titik tertinggi di barisan Lembah Ngarai Sianok .

Baca Juga

Puncak Taruko adalah taman kecil yang dikelola warga lokal. Fasilitas seadanya seperti kedai minuman, gazebo-gazebo kecil, dan menara pandang serta sarana penunjang seperti areal parkir.

Meski minim fasilitas, pemandangan dari objek ini sangat luar biasa. Mata tak akan jemu memandang lelukan tebing Ngarai Sianok hingga ke lembahnya.

Di sini, Ngarai Sianok seperti terbentang di mata, begitu luas dan memanjang. Di lembahnya, mengalir sungai yang deru airnya sayup-sayup terdengar.

Kicau burung, silih berganti memanggil, benar-benar panorama alam yang begitu memikat plus udara sejuk menyegarkan.

Ikon Ngarai Sianok , yakni Tabiang Takuruang, terpampang jelas dari kaki hingga ke puncaknya. Puncak Taruko adalah pilihan terbaik untuk mengamatinya.

"Tiap hari, selalu ada yang ke sini, Puncak Taruko tak pernah mati," sebut Sabri, salah satu pengelola, Jumat 28 Februari 2020.

Puncak Taruko baru saja dibuka 1,5 tahun silam dan layak menjadi pilihan dari sekian banyak destinasi di Kabupaten Agam .

Jika tertarik menuju lokasi, silahkan datang dengan roda dua maupun empat, akses cukup mudah. Dari Bukittinggi berjarak 15-20 menit perjalanan, saat sampai di Jembatan Lambah, belok kiri ke arah Kapa Toman, hanya 1 Kilometer dari sana, Puncak Taruko sudah menanti.

Untuk masuk ke objek ini, dikenakan biaya 5000 per-orang, dengan biaya semurah itu, kita sudah bisa menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa.

Disarankan, datang pagi atau sore hari, sebab biasanya udara cerah saat itu sehingga Ngarai Sianok akan tampak begitu nyata.

Baca Juga

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera