Resmi Dibuka, Festival Siti Nurbaya 2016 Libatkan Sejumlah Komunitas

"Tahun ini kami melibatkan sejumlah komunitas anak muda untuk mengisi both pameran"
Festival Siti Nurbaya 2016 resmi dibuka oleh Pemerintah Kota Padang (KLIKPOSITIF/Ocky Anugerah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Festival Siti Nurbaya 2016 resmi dibuka oleh Pemerintah Kota Padang. Festival kebudayaan ini merupakan iven ke enam yang digelar di Kota Padang. Pembukaan berlangsung di Tugu Merpati Perdamaian, kawasan Muaro Lasak, Kecamatan Padang Barat.

Resmi dibuka oleh Wakil Walikota Padang, Emzalmi. Festival ini juga melibatkan komunitas-komunias kreatif anak muda yang ada di Kota Padang. Selain itu, untuk mengisi kegiatan kebudayaan yang dikemas dengan berbagai macam perlombaan, pihak penyelenggara juga melibatkan kecamatan untuk andil dalam iven ini.

"Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Festival Siti Nurbaya di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kami melibatkan sejumlah komunitas anak muda untuk mengisi both pameran," kata kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, Rabu 7 September 2016.

Dalam festival ini, Pemerintah Kota Padang menggelar berbagai macam perlombaan. Perlombaan yang diadakan ini melibatkan 11 Kecamatan yang diprioritaskan pesertanya adalah generasi muda.

"Lomba yang digelar masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun ada beberapa yang ditambah. Lombanya yaitu Lomba Maelo Pukek, Selaju Sampan, Panjat Pinang, Malamang, Manggiliang Lado, dan Membuat Teh Telur," jelas Medi.

Keterlibatan generasi muda secara spesifik dalam kegiatan ini menurut Medi, untuk mengenalkan budaya asli Minangkabau dan untuk melestarikan budaya-budaya tersebut.

Sementara itu dalam pidatonya Wakil Walikota Padang, Emzalmi menyebut festival ini merupakan serangkaian agenda pariwisata Kota Padang. Selain pengenalan budaya, Pemko Padang juga mempromosikan objek wisata Padang kepada nasional, khususnya Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang.

"Ini adalah salah satu rangkaian agenda promosi pariwisata di Kota Padang khususnya promosi Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang," sebut Emzalmi.

Untuk mendukung hal itu, ia mengatakan Pemerintah Kota Padang menargetkan ... Baca halaman selanjutnya