Seniman Lukis Sumbar Bersaing di Museum Adityawarman

"30 orang seniman lukis menunjukkan kebolehannya dalam menghasilkan lukisan di Museum Adityawarman sejak pagi hingga sore."
Para seniman lukis Sumbar ini sedang unjuk kebolehan di Museum Adityawarman. (KLIKPOSITIF/Vendo Olvalanda)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 30 orang seniman lukis terbaik Sumbar bersaing pada lomba melukis yang diadakan pihak Museum Adityawarman di Musem Adityawarman, Jalan Diponegoro, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang-Sumbar, Selasa 20 September 2016.

Demi menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang seniman lukis menunjukkan kebolehan terbaiknya dalam menghasilkan lukisan di Museum Adityawarman sejak pagi hingga sore hari nanti. Para seniman lukis yang tengah bersaing ini pada umumnya berasal dari Padang, Padangpanjang, Payakumbuh dan Bukittinggi.

Oleh dewan juri, pelukis-pelukis tersebut dibebaskan memilih koleksi apa saja yang ingin mereka lukis. Asalkan koleksi tersebut berasal dari Museum Adityawarman. Mulai dari yang ada di ruang pameran hingga outdoor tidak luput dari bahan lukisan para seniman lukis Sumbar ini.

Noviyanty A, Kepala Museum Adityawarman berharap nantinya, kegiatan ini dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap museum. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program tahunan museum, perlombaan ini diadakan dengan tujuan mensosialisasikan apa saja yang ada di museum kepada masyarakat.

Selama ini, masyarakat hanya memandang museum sebagai tempat penyimpanan benda-benda kuno, lusuh, tidak menarik dan terkesan seram. Semoga dengan diadakannya kegiatan semacam ini dapat merubah perspektif masyarakat terhadap museum.

"Tidak hanya lebih peduli terhadap museum, namun lebih ke arah mencintai. Sehingga, museum nantinya menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda kita," ujarnya.

Noviyanty juga menyampaikan bahwa dengan menjadikan koleksi museum sebagai objek lukisan, secara tidak langsung kita sudah melestarikan warisan budaya. Roh museum itu ada di koleksinya dan setiap koleksi merupakan warisan budaya yang mempunyai nilai sejarah.

"Dengan mengabadikannya dalam bentuk lukisan, secara tidak langsung kita sudah melestarikan warisan budaya kita," ... Baca halaman selanjutnya