Menpar: Pariwisata Indonesia Telah Lama Tertidur

"Kita tidak boleh tidur sebelum mengalahkan Malaysia dan Thailand"
Tari Kecak di Uluwatu, salah tradisi wisata yang ada di Bali. (istimewa)

BALI, KLIKPOSITIF -- Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan tekadnya untuk membawa industri pariwisata Indonesia mengalahkan Malaysia, Thailand dan Singapura.‎ Untuk itu, dia mengajak kepada pelaku pariwisata dan generasi muda yang bergerak di sektor pariwisata untuk tidak tidur sebelum pariwisata Indonesia mengalahkan negara-negara tersebut.

"Kita tidak boleh tidur sebelum mengalahkan Malaysia dan Thailand, karena pariwisata Indonesia selama ini terlalu lama tidur. Kita akan tertinggal jauh, sekalipun Indonesia ini besar, potensinya besar," kata Arif saat menjadi keynote speaker di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Negeri Bali di Nusa Dua, Kamis 29 September 2016.

Arif menuturkan generasi muda Indonesia mesti memahami kelemahan pariwisata dalam negeri. Mereka juga wajib mengetahui kelemahan sektor pariwisata negara pesaing Indonesia.‎ Menurut Arif, kelemahan pariwisata Indonesia adalah promotion and place.

Dalam hal promosi, branding pariwisata Indonesia yakni, Wonderful Indonesia masih sangat lemah. Dia memaparkan, ‎tahun 2013 lalu, brand pariwisata Indonesia itu tak mendapat peringkat sama sekali. Sementara Truly Asia dari Malaysia dan Amazing Asia dari Thailand lebih baik dan memiliki dampak besar bagi kunjungan pariwisata di kedua negara tersebut.

"Malaysia mampu mendatangkan 27 juta wisatawan, Thailand mampu mendatangkan 25 juta wisatawan dan Singapura mampu mendatangkan 20 juta wisatawan. Emosional kompetitor kita adalah Malaysia dan Thailand. Thailand mempromosikan sebagai Bali-nya Asia," tutur Arif.

Sampai saat ini, menurut Arif, devisa Indonesia dari sektor pariwisata hanya US$10 miliar dari 10 juta kunjungan wisatawan dengan komposisi penduduk Indonesia sebanyak 250 juta lebih. Dari jumlah tersebut, Bali memberikan kontribusi sekitar US$4 miliar.

Sementara, Malaysia mampu meraih devisa US$30 miliar dari 27 juta kunjungan wisatawan dengan total penduduk di Malaysia yang ... Baca halaman selanjutnya